Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:47:00 AM

Sejarah Renang Gaya Kupu-kupu

No comments:

Gaya kupu-kupu menyerupai gaya crawl dalam hal lengan dan kaki bekerja sempurna, dengan ciri khas lengan dan kaki bererak bersamaan. Gaya ini diperkenalkan suatu bentuk gaya dada yangan menggunakan kaki dengan gaya dada dan dengan tarikan tangan gaya kupu-kupu. Perlu dibedakan antara gaya kupu-kupu dada (Butterfly Breastt stroke) dengan gaya kupu-kupu Dolphin (Batterfly stroke). Gaya kupu-kupu dada, dimana gerakan gaya kupu-kupu dengan gaya kaki menggunjan gaya dada, hingga saat ini masih ada yang menggunakannya.

Gaya kupu-kupu dengan kaki gaya dada atau gaya kupu-kupu dada mulai diperlombakan pada tahun 1926, oleh olahragawan Jerman, Orich Rademacher. Penggunana gaya ini juga ia pakai pada perlombaan di Amerika serikat pada tahun 1927, sehingga hal ini menimbulkan protes. Akibat hal ini Rademacher kembali melupakan gerakan gerakan gaya ini sejak tahun 1928 saat berlangsungnya Olympiade di Ansterdam hingga bulan desember 1933, ketika perenang Henry Myers dari Brooklyn, New York menggunakan teknik yang sama pada nomor pertandingan 150 yard gaya ganti perorangan.

Melihat potensi dan manfaatnya gaya kupu-kupu dada ini, dimanfaatkan oleh para pelatih yang kemudian berkembang sedemikan rupa, barulah pada tahun 1953 gaya kupu-kupu dada diakui sebagai gaya renang tersendiri dan merupakan gaya renang keempat selain gaya bebas, punggung, dada.

Gaya kupu-kupu dengan kaki Dholpi, diperkenalkan perenang Gyorgi Tampak dari Hongaria dan pada Olympiade tahun 1956 gaya kupu-kupu dengan kaki ini diizinkan untuk ambil bagian. Sukses besar pengguna gaya kupu-kupu Dholpin dilakuakn perenang Amerika Serikat Wiliam Torzyk dan Shelly Mann.

Gaya kupu-kupu Dolphin lebih dominan dengan tingkat prestasi yang baik dapat dibuktikan oleh perenang Mike Troy dari Amerika Serikat yang menjuarai Olympiade tahun 1960 dan perenang putri. Perenang pemegang 7 (tujuh) mendali Olympiade Muchen, Mark Spitz termasuk salah satu seorang perenang dunia yang menjadi pembahasan dari rangkaiann herak gaya pada gaya kupu-kupu di mana prestasi terbaiknya mencapai 0 : 54,27 detik pada jarak 100 meter di Olympiade tahun 1972 (Munchen). Hingga tahun 1981 catatan prestasi itu baru bisa duperbaiki oleh perenang Jerman barat, Michael Gross.

Peraturan gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut :
Kedua lengan harus bergerak kedepan, serta kebelakang bersama-sama diatas air, dan secara simetris. Posisi badan harus dijaga agar sempurna terutama pada bagian dada dan kedua bahuu harus dalam bidang horizontal. Semua gerakan kaki harus dilakukan dengan cara bersama-sama. Gerakan keatas dan kebawah dari kaki diperbolehkan secara bersamaan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments