Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:19:00 AM

Teknik Dasar Back Handspring (Flick Flack) - Senam Ketangkasan

No comments:
Teknik Dasar Back Handspring (Flick Flack) ~ Kesukaran yang besar tidak akan di hadapi pleh anak-anak yang telah mengalami/dapat melakukan latihan/gerakkan atau sikap kayang, handstand, walk over, stut. Salah satu faktor yang akan menghambat adalah rasa takut, khawatir, ragu-ragu. Hal ini disebabkan gerakkan tersebut ke arah belakang. Arah yang tidak dapat mereka lihat dan kuasai. Hal ini segera hilang bilang langkah-langkah yang ditempuh adalah baik dan tepat dalam memberikan bantuan (faktor keselamatan).

Melihat dari gerakkan back handspring dan gerakkan walk over ke belakang, maka dapat dikatakan bahwa back hand spring adalah gerakkan walk over yang dilakukan dalam irama cepat. Perbedaan hanyalah pada kaki : walk over ke belakang satu kaki menopang, kaki yang lain dilemparkan kebelakang, sedangkan back handspring, kedua kaki sekaligus menolak yang mengikuti ayunan kedua tangan yang dilakukan dengan cukup kuat kearah belakang (hingga mencapai lantai).

Pelaksanaan Back handspring
  1. Melaksanakan badan (membusur) ke belakang dengan ayunan tangan/lengan perlu dilakukan merupakan latihan khusus (dengan dibantu)
  2. perhatikab penempatan kedua tangan ; tidak terlalu jauh ke belakang, sehingga badan membusur terlalu besar.
  3. Untuk melakukan back handspring, saat akan mengayunkan kedua tangan dengan kuat ke kelakang, badan condong kebelakang dan kedua lutut agak dibengkokkan.
  4. Lemparan kedua tangan kebelakang bersamaan kedua lutut agak dibengkokkan. 
  5. Mempermudah badan terangkat, latihan diatas matras yang ditinggalkan (matras disusun melapis), sedangkan kedua tangan mendarat di lantai.
  6. Membantu (oleh seorang) harus berada dekat, disisi anak, siap untuk mengangkat pinggul, paha anak, dengan menempatkan satu atau dua tangan pembantu dibelakang (di bawah pinggul dan belakang pangkal paha).
  7. Perhayikan irama lembaran kedua tangan/lengan ke belakang, pada saat mengangkat pinggul dan pangkal paha.
  8. Bantuan dengan 2 orang, adalah dengan mengikat paha pinggang anak dengan tali pengikat berujung dua ; tiap ujung tali dipegang seorang pembantu yang berada dekat sisi anak. 
Gambar Back Handspring
Gambar Back Hand Spring

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments