Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:54:00 PM

Teknik Dasar Hand Stand dan Pemberian Bantuan

No comments:
Hand Stand adalah termasuk kedalam olahraga senam lantai. Dalam melakukan hand stand, kelepasan dan kekuatan pergelanagan (kekuatan otot persendian pergelangan tangan), kekuatan otot lengan dan bahu akan menentukan. Kemudain menyusul kelemaswan dan kekuatan otot punggung, pinggang dan perut yang menentukan keseimbangan.
Lemparan satu kaki dan sikap kedua kaki merupakan kesalahan (terlalu atau kurang kuat) yang banyak di dapat.

Ada kalanya kaki sudah baik tetapai kemudian kedua lutut terpatah (ditekukkan), akan menambah pembebanan bagi bahu dan lengan, sehiingga hand stand tidak dapat dilakukan (gagal). Jelaslah bahwa keseimbangan merupakan hal yang "pelik" untuk dilakukan, bukan saja disebebkan tangan, lengan dan bahu yang kurang kuat menopang dan otot pinggang , punggung dan perut yang tidak dapat mengendalikan keseimbangan, tetapi faktor tuas tumpuan merupakan penyebab utama. Juga disebebkan ppada sikap ini kepala berada dibawah ; seolah-olah dunia ini "terbalik" menimbulkan rasa kekhawtiiran  bagi anak.


Tidak jarang pula didapati anak yang secara reflek melepaskan satu tangan penopang dan menarik kedua lutut kearah perut, sehingga ia terjatuh dalam sikap duduk. Faktor kekhawatiran ini perlu dihilangkan dengan jalan berbagai macam latihan pendahuluan yang bertumpu pada kedua tangan ; sekaligus merupakan latihan kekuatan.

a. Menjelaskan kepada anak penempatan kedua tangan dilantai/matras yang sebenarnya pada saat akan memulai hand stand, yaitu :
  1. Arah jari agak terbuka
  2. Seluruh telapak tangan benar-benar menapak
  3. Letak bahu terrhadap penempatan kedua tangan
  4. Jarak dan sikap kedua kaki (terutama kaki yang akan dilempar/diayun keatas)
  5. sikap kepala
b. Kesalahan yang lazim terjadi pada kaki saat dilempar

c. Kelemasan otot pinggang menyebabkan sikap anak membusur yang tentu hal ini sangat memberatkan

d. Latihan tolakkan kedua tangan anak dalam sikap hand stand, melakukan turun/merendah (siku-siku dibengkokan dan saat naik disentakkan

e. Letak (berdiri) pembantu pada latihan nomor 3 adalah disisi anak dengan memegang ujung atau pergelangan kedua kaki.

f. Letak (berdiri) pembantu pada latihan nomor 4 adalah didepan satu belakang anak memegang dengan kedua tangan pinggul anak, agak menahan (agar meringankan bagi anak) pada saat turun/merendah dan tumit mengangkat dan menyentakkan keatas

g. Hal tersebut diatas (nomor 3) kemungkinan disebabkan akan belum menguasai otot punggung dan pinggang pada suatu ketika perlu ditegangkan/dikeraskan (penguasaan otot).

h. Bagi anak yang kurang kuat lengan dan bahu ialah latihan dengan kedua kaki dilemparkan sekaligus kemudian kedua lutut ditekuk. Pada latihan ini dibantu oleh guru (menopang pada belakang pinggul dan bahu)

i. Latihan pada dinding atau benda lainnya sebagai penopang diberikan/dilakukan sesudah anak cukup melakukan dan merasakan hand stand yang sebenarnya dengan bantuan.

j. Adakalanya bagi anak yang telah menguasai sikap hand stand ini (sekalipun masih perlu dibantu)., anak merapatkan seluruh bagian belakang (punggung, pinggang dan panggul) pada dinding, sikap ini dilaksanakan untuk beberapa saat (10-20 detik).

k. Latihan pada dinding/tembok perhatikan letak tangan (tidak terlalu jauh dari tepi dinding), menghindari anak membusurkan pinggang dan punggungnya. Jarak kedua tangan dari dinding kurang lebih panjang kepala yang menengadah ditambah beberapa jarak sekitar 10 cm.

l. Latihan pada dinding baik untuk latihan pada anak yang kurang baik melemparkan/mengayun kaki keatas (terlalu kuat dan kurang kuat).

m. Dengan merendahkan badan (kedua siku-siku dibengkokkan), kepala masuk diantara kedua tangan, melakukan guling kedepan adalah cara anak menolong dirinya dari pada jatuh  (tumbang) pada saat tidak kuat menahan sikap hand stand ini lebih lama.

Gambar Gerakkan Hand Stand dan Pemberian Bantuan

Gambar : Gerakkan melakukan Hand Stand


Gambar : Latihan Hand Stand dengan dinding


Gambar : Saat memberikan Bantuan


Gambar : Gerakkan Hand Stand yang Salah


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments