Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:22:00 PM

Teknik Dasar Head Balance/Head Stand dan Pemberian Bantuan

No comments:
Teknik Dasar Head Balance/Head Stand dan Pemberian Bantuan ~ Perlu diketahui bahwa  Head Balance/Head Stand adalah salah satu sikap yang jarang sekali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, umpamanya duduk, berjongkok, merangkak dan sebagainya. Atas dasar tersebut diatas ditambahkan pula bagian leher hanya menopang kepala sebagian beban adalah merupakan beban yang sangat besar harus ditopangnya bila pada sikap head balance.

Apabila pada sikap head balance ini kepala berada dibawah sebagai tumouan, demikian pula kerongkongan agak terpatah yang menyebabkan pada beberapa anak menyukarkan bernafas, maka tidak jarang terjadi/menimbulkan : bingung atau pusing. Demikian pula otot leher  yang tidak bisa menopang beban yang berat, setelah habis latihan head balance, akan merasa sakit atau ketegangan otot bagian leher dan tengkuk.


Head balance dengn bertumpu pada ubun-ubun adalah lebih sukar. Disebebkan ubun-ubun yang berbentuk setengah lingkaran (menyebabkan goyali dan keadaan lebih lunak dibandingkan dengan dahi), menimbulkan rasa sakit dan pusing.

Penempatan kedua tangan yang merupakan penunjang kemantapan keseimbangan adalah hal yang penting mendapat perhatian.Kekuatan tangan/lengan memegang peranan penting pula, terutama pada saat akan mendapatkan titik keseimbangan. Bila keseimbangan telah tercapai, maka dapat dikatakan kekuatan tangan/lengan tidak banyak lagi dipergunakan.

Faktor lain yang mendukung dan memudahkan melakukan? sikap head balance adalah kelentukanotot leher, pinggang, kekuatan otot bahu, perut, paha (bagian depan)
Kelentukan adalah sangat penting agar dapat dengan mudah menjaga keseimbangan dan mengurangi rasa nyeri/sakit.

Memberikan pertolongan hendaknya tepat. Maka sangat diharapkan guru mempunyai pandangan yang tepat : dapat menganalisa gerakkan atau sikap.
Pada latihan pendahuluan, untuk merasakan beban/bobot badan, cobalah berjalan dengan  waktu yang singkat. Adalah tidak tepat apabila pada latihan pendahulauan kepala, leher, tengkuk menopang beban/bobot badan terlalu lama. Dengan dilakukan dengan banyak ulangan sangatlah baik.

Memberi bantuan atau menolong ketika melakukan Head Balance/Head Stand :
"setelah ia meletakkan kepala dala posisi yang benar, adalah membantu (memegang dan memindahkan) perlahan panggul kearah depan (anak).
Pemindahan ini haruslah berjalan dengan perlahan, agar pada tekakan pada leher, tengkuk anak dapat berangsur bertambah berat."
untuk mengurangi beban/bobot badan yang harus ditopang oleh leher/tengkuk, maka kedua ujung kaki anak harus tetap bertopang pada lantai. Atas dasar hasil akhir (anak dapat melakukan, prestasi) tidak dapat dipaksakan. Maka ketentuan guru, anak banyak mengulangi adalah sangatlah disyaratkan.

Gambar Head Balance/Head Stand



Head Balance/Head Stand


Cara memberikan pertolongan/menolong



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments