Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:55:00 AM

Teknik Renang Gaya Bebas (Crawl) | Lengkap

No comments:
Gaya bebas di sebut juga gaya crawl yang artinya merangkak. Gaya ini menyerupai cara berenang seekor binatang. Gerakkan asli dari gaya ini adalah meniru gerakkan anjing yang yang sedang berenang. Gerakkan gaya bebas pertama kali dilakukan oleh Crowl Australia, yaitu diilakukan dengan dua kali gerakkan lengan dan disertai dua kali gerakkan kaki.


Teknik renang gaya bebas terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut :

1. Posisi Badan (Body Position)
Posisi badan yang baik akan mengurangi hambatan air, sehingga prestasi renang gaya crowl dapat meningkat.
  1. Hidrodinamis atau Streamline ; hampir sejajar dengan permukaan air
  2. Tubuh harus berputar pada garis pusat atau rotasinya
  3. Hindarkan kemungkinan terjadinya gerakkan-gerakkan tangan atau kaki yang berakibat tubuh menjadi naik turun atau meliuk-meliuk.
  4. Pada sikap kepala normal
    a. ) untuk perenang jarak pendek/sprinters ; sikap kepala cenderung agak naik (arahkan pandangan agak lurus kedepan)
    b. ) Untuk perenang jarak menengah dan jauh ;sikap kepala agak rendah (arahkan pandangan sedikit membentuk sudut dengan dasar kolam).


Posisi badan yang perlu diperhatikan dalam belajar gaya crowl adalah :

A. Peluncuran badan secara horizontal
Metode untuk mencapai posisi ini banya diterima dengan orang lain, tetapi kurang tepat, karena dengan mengangkat kepala dan badan setinggi mungkin diatas permukaan air akan berakibat pinggul dan kaki banyak tenggelam dalam air, sehingga dapat menambah hambatan.

Ada juga yang menganjurkan agar perenang harus memperkuat kakinya agar kaki dan pinggulnya naik. Tetapi harus diketahui bahwa tenaga perenang harus digunakan untuk mendorong maju bukannya mengankat keatas air. Untuk mengangkat badan keatas air, orang harus bekerja melawan gaya berat badan. jadi jelas bahwa hal tersebut di atas merupakan suatu keselarasan dan harus dihindari.

Ada tiga kesalahan gaya yang sering mengganggu pelurusan badan horizontal dalam renang yaitu :
  1. Bila kepala diangkat keatas air untuk bernapas, bagian badan lainnya tertekan turun. Bila kepala di turunkan bagian badan lainnya akan naik.
    Cara untuk memperbaiki :
    Memutar kepala pada sumbunya, (tidak mengangkat dan menurunkan kepala) dan dan bernapas kesamping lebih dekat pada dasar lengkung gelombang

  2. Bila tenaga dari bagian pertama tarikan tangan diarahkan terlalu langsung kearah bawah, maka akibatnya akan ada gerakkan naik serta sesaat bagian pertama dari tarikan lengan.
    Cara untuk memperbaiki :
    Menekan tangan lebih kearah belakang dan bukannya ke bawah.
  3. Bila siku-siku pada akhir dorongan tangan, akibatnya tenaga dari gerakkan tangan diarahkan keatas, mengakibatkan tenaga yang mendorong badan masuk kedalam air.
    Cara untuk memperbaiki :
    Menekan siku dan berusaha air lebih kearah belakng dan bukannya kearah bawah
B. Pelurusan badan kesamping
Pelurusan badan kesamping sama pentingnya seperti pelurusan badan horizontal untuk mencapai efisien dan kecepatan maksimum. Karena setiap gerakkan kesamping dari bagian badan dapat menyebabkan bertambahnya hambatan., maka gerakkan yang berlebihan dalam bidang ini harus dihilangkan.

Seorang perenang yang kepala, bahu, pinggul dan kakinya terlalu bergoyang kesamping aakn sangat rugi, sebab ia akan menarik serta separo air dlam perjalanannya. Sedangkan perenang yang baik hanya akan menarik serta kuran dari seperempatair dalam perjalanannya. Jadi hindatilah adanya gerakan-gerakan badan yang kesamping, tetapi pertahankan sikap horizontal dari badan.

Gerakan Tungaki Gaya Crawl (Bebas)

Gerakan Tungkai dalam renang gaya crowl gerakkan maju kedepan sebagian besar ditentukamn oleh gerakkan lengan, sedangkan gerakkan kaki terutama berfungsi sebagai alat keseimbangan dan alat untuk menjaga agar kaki tetap tinggi untuk memperoleh posisi mendatar.
Continue >>

Gerakan Lengan Renang Gaya Bebas (Crawl)

Gerakan Lengan Renang Gaya Bebas (Crawl) ~ Didalam proses gerakkan lengan gaya bebas (Crawl) ada 4 (empat) fase, yaitu :
Continue >>

Gerakan Pernapasan Gaya Bebas (Crawl)

Gerakan Pernapasan Gaya Bebas (Crawl) ~ Cara pengambilan napas ini dibedakan menjadi dua :
Continue >>

Koordinasi Semua Gerakan (kaki, Tangan, dan Nafas) Renang Gaya Bebas

Koordinasi Semua Gerakan (kaki, Tangan, dan Nafas) Gaya Bebas (Crawl) ~ Rangkaian gerakan koordinasi disebut juga dengan istilah renang lengkap dapat dilihat dalam gambar berikut :
Continue >>

Kesalahan dan Penanggulangan Pada Gaya Bebas (Crawl)

Beberapa nbentuk kesalahan yang sering terjadi pada gaya bebas adalah :
Continue >>

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments