Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:46:00 PM

Teknik Renang Gaya Punggung (Backstroke)

No comments:
Gaya punggung mulai dikenal sekitar tahun 1912, ketika perlombaan renang dibagi atas tiga kelas dalam kompetinsi nasional maupun internasional, yaitu gaya dada, gaya punggung dan gaya bebas. Gaya yang dipergunakan saat itu adalah gaya punggung elementer atau gaya punggung dengan kedua lengan keatas (doubel over arm) dan gerakan kaki katak atau kaki gunting.

Setelah diperkenalkan gaya back crawl, bentuk-bentuk lain dari gaya punggung yang bukan back crawl sedikit demi sedikit hilang dari perlombaan.


Teknik renang gaya punggung adalah sebagai berikut :

1. Posisi badan
Posisi badan saat gaya pungung tidak penuh horizontal, tetapi harus diubah dengan pertimbangan bahwa posisi tersebut akan menyebabkan kaki-kaki dalam suatu posisi yang terlalu tinggi untuk dapat melakukan tugas secara efektif.
  1. Posisi tubuh hidrodinamis atau streamline, hampir sejajar dengan permukaan air.
  2. Usahakan agar bisa sedatar mungkin/sehorizontal mungkin. Sikap ini baru dapat dilakukan , apabila kaki digunakan cukup efektif.
  3. Irama kaki naik-turun/aksi kaki digunakan lebih dalam dibanding aksi kaki poda gaya bebas.
  4. Sikap kepala pada gaya punggung, pada dasarnya seperti yang bersangkutan tidur di air, dengan sikap yang rileks. Meskipun demikian dapat pula arah pandangan dilakukan dengan toleransi sudut arah pandang maksimal 45 derajad dengan sikap rileks.
  5. Tubuh harus berputar pada rotasinya hingga mencapai sudut 45 derajad dengan garis tengah.

Gerakan Tungkai Renang Gaya Punggung

Gerakan Tungkai Renang Gaya Punggung - Pada prinsipnya gerakan kaki pada gaya ini seperti gaya bebas dengan sumber gerak pada pangkal paha. Gerakkan kaki pada gaya punggung harus seimbang dengan putaran tubuh pada porosnya.

Continue >>

Teknik Gerakan Lengan Gaya Punggung

Teknik Gerakan Lengan Gaya Punggung ~ Proses gerakan lengan pada gaya punggung ada 4 (empat) fase , yaitu :

Continue >>

Teknik Gerakan Pengambilan Nafas Gaya Punggung

Teknik Gerakan Pengambilan Nafas Gaya Punggung ~ Perenang gaya-gaya punggung, karena kepalanya ada diluar air sepanjang waktu, maka dapat bernafas sekehendak hatinya., dan hal ini merupakan suatu problema.

Continue >>

Koordinasi Gerak & Analisis Kesalahan Gaya Punggung

Koordinasi Gerak & Analisis Kesalahan Gaya Punggung ~ Koordinasi gerak keseluruhan pada gaya pungung adalah rangkaina gerak tungkai,lengan dan pengambilan nafas. Berikut gambar koordinasi gerak pada Gaya punggung :

Continue >>
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments