Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:20:00 PM

Macam-macam Type Latihan Senam Indah

No comments:
Type Latihan Senam Indah ~ Sebelum menguraikan tentang type-type latihan senam Indah, baiklah kita tinjau kita tinjau unsur-unsur atau prinsip gerakkan senam indah. Batasan senam yaitu latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis, dengan tinjauan membentuk dan menggambarkan pribadi secaraharmonis.


Dengan demikian hendaknya senam digunakan sebagai motivasi terhadap keharmonisan pribadi, jangan menitik beratkan unsur-unsur senam indah. Unsur-unsur senam antara lain :

1. Calestehenic
"Clasic = indah", Stensos = kekuatan". Adalah latihan tubuh tanpa menggunakan alat/latihan bebas untuk meningkatkan kelentukkan, keluwesan, dan memerihala keterampilan.

2. Aerobat
"Tombolen = melompat, melintang, mengguling". Adalah suatu latihan ketangkasan badan, berputar dan melintang. Pada saat berputar atau melinting tangan bertumpu atau melayang diudara, semuanya didahului dengan gerakkan meloncat. Gerakkan-gerakkan inilah yang dijadikan sebvagai pedoman gerakkan-gerakkan senam indah.

Type-type Latihan
1. Palang sejajar
Latihan ini merupakan kombinasi dari ayunan melayang (diudara tanpa bertumpu) kekuatan sikap bertahan (statis potition). Latihan ayunan melayang ini harus lebih diutamakan  atau ditonjolkan. Rangkaian latihan harus ada unsur-unsur sedikitnya atau kekuatan dan satu latihan bertahan dengan melayang, latihan bertahan tidak boleh lebih dari 3 kali.

2. palang tunggal
Latiahn ini terdiri ayunan tanpa berhenti dan tidak ada sikap bertahan. Rangkaian ini terdiri dari kombinasi dari putaran raksasa dengan variasi-variasinya yang merupakan gerakkan yang mempunyai nilai tinggi.

3. Kuda pelana
Latihan ini terdiri dari ayuanan melingkar tanpa berhenti, ayuanan melingkar dilakukan dengan satu atau dua kaki tanpa tangan., gerakkan gunting didepan atau dibelakang, dimana sedikitnya harus dilakukan berganda. Ayuanan melingkar dengan dua kaki harus lebih diutamakan, dan latiha harus harus dilakukan diatas ketiga bagian kuda-kuda, pada latiahn wajib, ayuanan melingkardengan kedua kaki boleh dilakukan dengan arah yang berlawanan.

4. Gelang-gelang
Latiah ini terdiri dari kombinasi gerak ayunan, kekuatan dan sikap bertahan, tanpa alat gelangnya bergerak. Latihan gelang-gelang ini harus ada.
  1. 2 unsur hand stand, yaitu satu oleh kekuatan dan yang lain oleh ayuanan dari posisi bergantung atau dari posisi bergantung berbalik.
  2. Paling sedikit ada 2 unsur sikap bertahan dengan tingkat kesukaran yang cukup tinggi, misalnya : free front horizontal support, cross, intervertged cross dan lain-lainnya.
5. Senam Lantai 
Latihan ini harus merupakan suatu keseluruhan yang harmonisdan rythmisch melalui elemant-elemant kelenturan dan kekuatan yang sling bergantian, sikap bertahan dan keseimbangan dengan pergantian beberapa jurusan atau arah, gerakkan klip, loncatan dan hand stand. Mengulangi element-element yang menjemukkan harus dihindari, pergantian latihan dan sikap yang terlalu simple, langkah-langkah awal yang terlalu berlebihan juga harus dicegah. Lamanya latihan paling cepat 50 detik, dan paling lama 70 detik dilakaukn dengan matras berukuran 12 x 12 meter.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments