Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:11:00 PM

14 Tempat Wisata Populer di Palembang

3 comments:
Salah satu Daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata populer adalah di Palembang, berprovinsi Sumatera Selatan. Silakan baca ulasan tempat Populer di Palembang dan info wisata yang paling menarik di Palembang. Apa sajakah tempat wisata di Palembang yang harus dikunjungi?

Daftar Tempat Wisata Populer di Palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera

Jembatan yang merupakan karakteristik dari kota Palembang yang dibangun pada tahun 1962 untuk menghubungkan daerah seberang Ulu dan Ilir berlawanan. Pada malam hari, tempat ini seperti suatu keharusan objek wisata untuk fotografer. Berjarak sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera terdapat sebuah pasar pusat souvenir dan makanan, sehingga Anda bisa dengan mudah membeli oleh-oleh dan berwisata kuliner.

Jembatan ampera memiliki motor penggerak yang bisa terangkat jika ada kapal besar yang melintas di bawahnya. Tetapi sejak tahun 1970 fungsi ini dihentikan agar tidak mengganggu perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuka jembatan sampai sempurna sekitar 30 menit.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak

Kuto Besak merupakan bangunan kebanggaan kota Palembang. Benteng ini sisi peninggalan kerajaan Darussalam pada zaman Belanda. Kuto Besak berdiri kokoh, memiliki nilai sejarah dan bukti bisu perjuangan bangsa melawan penjajah.

Lokasi benteng ini tidak jauh dari Sungai Musi, dan merupakan salah tempat wisata di Palembang yang sudah menjadi ikon unik karena keindahan yang ditawarkannya, terutama pada sore hari.

3. Sungai Musi 

Sungai Musi
Sungai Musi

Sungai yang terkenal ini merupakan sungai terpanjang di Sumatera, dengan panjang mencapai 750 km. Sungai ini membelah kota menjadi dua bagian dan pernah menjadi sarana transportasi utama di Palembang.

Kegiatan wisata Palembang yang ditawarkan, berpusat pada tepiannya, kafe dan restoran cukup banyak tersebar di sini. Lebih menyenangkan lagi, ditepian sungai tersedia perahu jelajah yang menyajikan pemandangan menarik di seberang sungai Musi. Suasana Senja atau terbenamnya matahari menghadirkan suasana yang indah di Sungai Musi

4. Masjid Cheng Hoo 

Masjid Cheng Hoo
Masjid Cheng Hoo

Pemandangan menarik lainnya yang dapat dinikmati di Palembang Masjid Cheng Hoo. Masjid Cheng Hoo adalah masjid yang unik dan menarik. Mengapa?

Karena masjid ini memiliki nuansa ornamen Tionghoa (China), Masjid Cheng Hoo dijadikan tempat ibadah dan juga menjadi objek wisata favorit di Palembang. Lokasi Masjid Cheng Hoo berada di kawasan Jakabaring.

5. Wisata Bukit Siguntang

Wisata Bukit Siguntang
Wisata Bukit Siguntang

Bukit Siguntang memiliki ketinggian sekitar 29-30 meter dari permukaan laut. Terletak di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I . Tempat ini dulunya dipercaya sebagai tempat ritual beribadah dan bersemedi. Jika berwisata ketempat ini, Anda bisa berziarah kemakam-makam para bangsawan zaman dahulu yang dianggap sebagai orang penting pendiri kota Palembang.

6. Pulau Kemaro

Pulau Kamaro
Pulau Kamaro

Pulau Kemaro berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, Palembang. Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Palembang.  Letaknya di daerah hilir Sungai Musi. Jarak tempuh waktu sekitar setengah jam dengan menyewa perahu tradisional ataupun perahu cepat di dekat jembatan Ampera.

Di Pulau Kemaro terdapat vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Di tempat ini juga dapat ditemukan sebuah makam, makam ini merupakan makam dari seorang putri Palembang. Konon cerita rakyat, putri ini menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, tetapi pada akhirnya pasangan tersebut melemparkan dirinya ke sungai dan tenggelam.

7. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah

Salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal, yang terletak di kota Pagar Alam. Air Terjun Lematang Indah memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Keindahan Air Terjun Lematang menghadirkan suasana yang nyaman dan asri.

8. Gunung Dempo

Gunung Dempo
Gunung Dempo

Gunung Dempo merupakan salah satu wisata alam berada dikabupaten Lahat. Untuk sampai kelokasi wisata menempuh waktu sekitar 6 jam dengan jarak 295 km. Bisa juga menggunakan bus umum dari Lahat menuju Pagar Alam (60 km), dan dilanjutkan dengan bus lain dengan jarak 9 km sampai ke perkebunan dan pabrik teh lereng gunung. Obyek wisata ini mirip dengan keindahan gunung Lokon, di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara

9. Air Terjun Bidadari di Lahat

Air Terjun Bidadari di Lahat
Air Terjun Bidadari di Lahat

Air Terjun Bidadari terletak di Desa Karang Dalam Kecamatan Penang sekitar 8 km dari kota Lahat, Palembang. Di sekitar air terjun, ada tiga Air Terjun lainnya yang terkemuka yaitu: Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga.

10. Air Terjun Maung (Curup Maung)

Air Terjun Maung (Curup Maung)
Air Terjun Maung (Curup Maung)

Air Terjun Curup Maung terletak di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat. Kurang lebih sekitar satu jam dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju Kecamatan Gumay Ulu

Setelah sampai kelokasi dilanjutkan dengan berjalan kaki selama ± 1 jam untuk sampai ke curug maung, Anda akan melewati hutan dan kebun kopi dengan medan yang menurun dengan tingkat kecuraman hampir 45 derajat. Maka disarankan agar berhati-hati.

11. Taman Hutan Punti Kayu

Taman Hutan Punti Kayu
Taman Hutan Punti Kayu

Punti Kayu adalah tempat wisata dalam bentuk hutan. Terletak sekitar 7 km dari kota Palembang, Taman Hutan Punti Kayu merupakan tempat wisata keluarga yang paling favorit di Palembang. Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan hutan pinus kota terbesar di Indonesia.

12. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan masjid terbesar di kota Palembang. Tempat ini adalah dasar untuk wisata budaya dan wisata religius di Palembang. Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Anda bisa menjumpai 2 pasar yang menawarkan berbagai macam souvenir, kerajinan kayu, makanan, dan kain tenun.

13. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak adalah salah satu objek wisata di Palembang yang paling disukai. Taman ini merupakan salah satu peninggalan sejarah masa penjajahan Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda.

Sekarang ini, Taman Kambang Iwak dijadikan aktivitas dipagi hari, Anda bisa berlari pagi mengelilingi kolam sekitar 800 meter. Selain itu juga tempat wisata ini mempunyai berbagai fasilitas permainan, dan juga Taman Kambang Iwak memiliki banyak restoran yang cocok dan menyenangkan untuk berkumpul anak-anak muda.

14. Gelora Sriwijaya

Gelora Sriwijaya
Gelora Sriwijaya

Sriwijaya merupakan bangun kebanggaan kota Palembang. Gelora Sriwijaya merupakan stadion sepak bola terbesar ke 3 di Indonesia dengan kapasitas 40,000 orang. Gelora Sriwijaya juga diakui sebagai stadion berkelas internasional. Gelora Sriwijaya merupakan tempat atau markas team kesebelasan sepak bola Sriwijaya FC.


Denah Lokasi

Google Maps

Your
Present

Click to open ...


By clicking the colourful button, You agree the terms and conditions and Your Present will appear and make you happy!





Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 comments

Ini palembang jadi salah satu yg masuk agenda liburan saya

Balas