Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 5:48:00 AM

15 Peralatan Penolong atau Penyelamatan di Air

No comments:
Untuk usaha penyalamatan di air terdapat berbagai perlengkapan penolongan yang dibutuhkan oleh setiap orang yang melakukan aktivitas ini. Perlengkapan-perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tali Lintasan
Tali lintasan adalah tali yang berdiri dari rangkaian pelampung untuk pemisah antara daerah-daerah atau tempat yang dalam dan dangkal sehingga orang bisa membedakannya. Atau pemisah antara kolam yang digunakan untuk loncat indah dengan tempat yang untuk orang berenang.

2. Ring Pelampung (Ring Buouy)
Alat ini adalah standar bagi perlengkapan pertolongan yang berada disetiap kolam atau tempat-temapt rekreasi yang sering dikunjungi.

3. Penjangkau (Shepherd's Crock)
Penjangkau adalah salah satu alat pertolongan di air yang paling tua. Dengan lengkungan alumunium disalah satu ujungnya, bisa menjangkau tubuh seseorang yang menjadi korbn tenggelam. Di samping itu, penoong cukup berada diatas kolam sehingga penolong lebih mudah menghindarkan diri dari kemungkinan diraih korban.

4. Tali Penolong (Heaving Line)
Tali penolong panjangnya berkisar antara 30-40 kaki. Salah satu ujungnya digulung benda yang berbeban melalui ikatan yang kuat membentuk bulatan dngan bahan yang cukup sehingga kalau dilempar kearah kolam yang memerlukan bisa dilakukan dengan mudah.

5. Pos Penyelamatan (Safety Post)
Pos penyelamatan cukup menyediakan sebuah tonggak kayu ataupun bambu setinggi 1-1,5 meter ditempatkan sekitar pantai atau danau yang sering dikunjungi.

6. Tempat/Tangga Duduk Penolong (Lifeguard Stands)
Tempat/tangga penolong hendaknya berada 5-6 kaki dipinggir kolam renang. Jarak tersebut dapat memudahkan penolong mengawasi lingkungan sekitarnya dalam menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan.

7. Papan Penolong (Backboardds)
Papan penolong dibuat tidak dengan bahan yang mahal. Namun, manfaatnya terhadap pertolongan cukup besar. Bahannya cukup dari Plywood dengan lebar 18 inch, panjang 6,5 kaki dan tebal 0,75 inch.

8. Ban Pengaman (Rescue Tube)
Ban pengaman diperlukan dalam memberi pertolongan, terutama untuk mengangkut korban dari tengah kolam yang agak jauh dari jangkauan tepi. Alat tersebuat paling efektif digunakan apabila terjadi kecelakaan tenggelam, namun jauh dari tepi sehingga memaksa penolong untuk menggunakan alat tersebut dalam membawa korban.

9. Bed Pengangkut (Folding Canvas Stretchers)
Usungan pengangkut adalah perlengkapan untuk mengusung korban kecelakaan yang harus disediakan disetiap kolam renang atau pemandian yang banyak dikunjungi umum. Alat ini diperlukan sebagai usaha pertama jika terjadi kecelakaan dikolam atau tempat pemandian lainnya.

10. Motorboat (Poerboat/Lifeboat)
Meskipun motorboat ini tidak begitu penting digunakan dikolam renang. Di danau/pantai, motorboat sangat diperlukan sekali. Terutama untuk menjangkau kemungkinan adanya kecelakaan dilaut seperti perahu karam dan lain-lain.

11. Peluit
Peluit pada dasarnya, sangat diperlukan para petuga penyelamatan sebagai pelengkap. Terutama mereka yang bertugas diarena yang sangat luas, sehingga sulit untuk memberikan peringatan dengan teriak-teriak.

12. Masker Selam ( Face Masks)
Masker selam digunakan hendaknya mempunyai konstruksi lunak, terbuat dari bahan karet yang cukup fleksibel. Aman untuk dipakai, tidak mudah remuk (terutama pada bagian kacanya)

13. Pipa Udara (Snorkets)
Pipa udara ini tidak lepas dari masker selam yang digunakan. Suatu pipa udara pada lengkukngan yang tidak fleksibel. Sementara ituu, satu pipa udara lainnya bisa fleksibel dan  dengan mudah mengubah-ubah arah. Ujung lengkungan yang bawah dipakai untuk mulut, sedangkan ujung masker yang lainnya sebagai tempat pembuang dan masuknya udara.

14. Kaki Katak atau Sirip ikan (Fins Swim)
Kaki katak merupakan rangkaian kelengkapan seorang penyelam.. Beberapa bahan yang sering digunakan adalah plastikatau karet. Kaki katak yang baik dan memenuhi syarat adalah bahannya mempunyai daya lentuk yangmaksimal sehingga dengan lecutannya itu diharapkan mempunyai daya dorong yang lebih baik.

15. Pelampung perorangan (Personal Floatation Devices/PFD'S)
Sesuai dengan namanya, perlengapan ini diperlukan bagi pengamanan perorangan. Perlengkapan tersebut dibuat dari busa karer atau pelastik, sedangkan di seputarnya dibungkus bahan vynil. Di empat tempat ring buoey tertarik  tali membentuk segi empat sebagai tempat  perenang.

Demikian Peralatan Penolong atau Penyelamatan di air, semoga dapat bermanfaat.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments