Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:19:00 PM

8 Cara Mudah Membedakan Beras Asli dan Palsu (Beras Sintetis)

2 comments:


Akhir-akhir ini Indonesia diramaikan berita beras palsu dicampur dengan aslinya, beras palsu yang terbuat dari plastik sintetis.

Para ahli mengatakan bahwa beras palsu dan beras asli masih memiliki perbedaan yang signifikan. Ahli kimia dari Universitas Indonesia Asmo Wahyu mendorong orang untuk dapat mengenali secara sederhana perbedaan beras asli dengan beras campuran bahan plastik. Beberapa cara dapat dilakukan untuk membedakan beras asli dan palsu :

Pertama ; Ketika dimasak, beras asli akan mengeluarkan aroma seperti beras biasa, sementara beras dari plastik sintesis mengeluarkan aroma sangit saat dimasak.

Beras plastik tidak memiliki guratan dan sedikit oval
Beras plastik tidak memiliki guratan dan sedikit oval
Kedua ; dari bentuk, beras asli memiliki tampilan sketsa dari sekam padi, sedangkan beras plastik tidak terlihat sketsa (guratan) pada biji-biji beras dan bentuk yang sedikit oval.

Ketiga ; Beras plastik tidak ada warna putih disetiap ujungnya. Warna putih pada ujung berasa adalah zat kapur yang mengandung karbohidrat.

Beras plastik tidak menyatu dengan air
Beras plastik tidak menyatu dengan air
Empat ; Beras akan menyerap air maka tekstur dari beras asli, beras akan lembut dan ketika dimasukkan ke dalam rice cooker beras akan mengeras tapi kelembutan tekstur masih ada. Adapun dari beras palsu, beras akan lembek dan mengeras.

Lima ; Setelah tanak atau memasak , beras palsu identik keras , tidak lembut seperti beras asli .

Enam ; Beras asli akan memiliki rasa manis karena karbohidrat glukosa dalam beras benar-benar terurai. Sedangkan beras Sintetis memiliki rasa hambar.

Tujuh ; Beras palsu tekstur kenyal sementara beras asli lembut.

Ketika dimasak beras sintetis akan mengambang
Ketika dimasak beras sintetis akan mengambang
Delapan ; Ketika dimasak beras sintetis akan mengambang. Jika beras mengambang, kemungkinan mengandung bahan plastik.

Selanjutnya, kata Asmo , harga plastik jauh lebih mahal dari beras, meskipun itu adalah bijih plastik daur ulang.

Dalam hal ini Anda dapat membedakan antara beras asli dengan beras palsu, hanya dengan mencium aroma beras Anda sudah tahu di mana beras plastik sintetis dan beras asli. Namun demikian Anda haruslah tetap waspada.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

bahahaa... itu beras plastik gue yg buat

Balas

Wah Terima kasih banyak gan akhirnya saya tau cara membedakannya karena saya takut belakangan ini banyak berita tentang beras sintetis -_- :) :v

Balas