Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:33:00 PM

Cara Mendekati, mengangkat dan menarik Korban dari Air

No comments:
Seorang penolong yabng baik dan mempunyai keterampilan untuk itu tidak terlepas dari kemampuannya sebagai seorang penolong. Mempunyai kemampuan yang memadai serta daya tahan tubuh yang mempunyai persyaratan Perlengkapan dan peralatan yang menunjang tugasnya sebagai anggota regu penolong sangat diperlukan dan hendaknya selalu siap sedia digunakan.

Cara Mendekati Korban
Cara mendkati korban dari belakang adalah suatu sistem yang banyak dipakai dan baik untuk dilakukan, apabila korban sudah berada dipermukaan air. Jika pada suatu saat harus dengan segera membawa korban ketepi maka yang penting hendaknya korban di bawa dengan keadaan yang rileks dan pada posisi mulut serta hindung selalu berada di permukaan air.

Cara mendekati korban dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain sebagai berikut :
1. Mengambil korban mengangkat ketiak
2. Mengempit dan menarik dagu korban
3. mengempit ketiak korban dsengan dua tangan
4. Mengambil korban dari depan
5. Mengambil korban dari bawah air
6. Mengambil korban dari belakang diawali dengan loncatan

Cara Mengagkat dan menarik korban
Keberhasilan seorang penolong dalam membawa korban, baik dari kedalaman air, maupun dari sekitar air yang dangkal, tergantung kepada penolong disaat mengangkat dan kemudian menarik korban hingga ketepi kolam. Disaat mengangkat atau atau mungkin selanjutnya menarik korban ketepi, penolonong memberi pertolongan dengan baik tidak menggangu korban. Hal demikian tergantung dengan pengalaman dan kemampuan berenang, daya tahan tubuh, kondisi air, jarak yang harus ditempuh serta ukuran dari besar dan kecilnya tubuh orang yang harus diangkat.

Cara mengangkat dan menarik korban adalah sebagai berikut  :
1. Mengangkat dengan menyilang dada
2. Menyilang dada ditambah dengan posisi kontrol
3. Menarik rambut korban
4. Menarik pergelangan tangan korban
5. Menarik baju dan kerah korban

Cara mengeluarkan atau menarik korban dari air 
Untuk mengeluarkan dan menarik korban dari air, tergantung dari kedalaman air tempat korban diangkat. Bila dilakukan ditempat yang dangkal, maka korban dapat dibawa ataupun ditari dengan beberapa cara. Cara mengeluarkan atau menarik korban dari air adalah sebagai berikut :

1. Mengengkat dari kolam tepian yang dangkal
2. Mengangkat dengan cara menahan
3. Mengangkat secara tim atau bersama-sama
4. Mengankat dengan cara sadel
5. Mengangkat korban dari air

Cara Mengangkat Korban dari air
Untuk mengangkat korban dari air, setelah penolong membawa korban ketepi dilakukan penolong beserta korban tiba ditepi kolam atau [[antai yang terjadl keduanya menghadap tepian dengan berdampingan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments