Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:24:00 PM

Sukses Budidaya Ternak Burung Kenari

No comments:

Mengapa harus burung kenari ?
Kenari adalah seorang jenis burung penyanyi dan tempur. Burung kenari ini ketika mendengarkan kicauan jenis burung lain, maka burung ini akan mengikuti, karena burung kenari disebut sangat mudah gacor dan burung kenari juga sangat mudah naik birahinya.

Sedikit informasi tentang cara ternak burung kenari yang bisa dicatat oleh peternak pemula burung kenari. Dalam meningkatkan kenari ada beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah usia kenari, jenis kelamin, fasilitas ternak dan ilmu ternak mendukung.

1. Usia/umur Kenari Ideal Untuk bertani
Usia Kenari menjadi salah satu faktor penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya induk kenari siap diternak jantan berusia sekitar 8 bulan sedangkan untuk kenari betina berusia sekitar 6 bulan .

Tapi untuk ukuran besar seperti kenari Kenari Yorkshire, usia minimum 1 tahun. Jenis kenari Yorkshire bisa di bilang lambat untuk mendapatkan turunannya, karena jenis burung ini lambat dalam masa birahi.

2. Membedakan jenis kelamin Kenari
Dalam meningkatkan ternak kenari Anda harus wajib untuk mengidentifikasi jenis kelamin kenari .
Sebagai petani atau peternak kenari, memiliki kewajiban mutlak untuk mengetahui dan menguasai bagaimana membedakan laki-laki dan perempuan kenari. Membedakan jenis kelamin kenari usia muda laki-laki 1,5 ± atau lebih tua sudah mulai belajar bunyi/ngriwik.

Pada pusat kepala kenari betina berwarna kuning sangat cerah. Bagaimana membedakan dari kenari anal?  burung kenari jantan biasanya memiliki tonjolan di anus, dan kenari betina biasanya tidak memiliki tonjolan di anus burung.

Selain itu banyak orang yang melihat dari bentuk telur, telur bentuk oval dan agak lonjong biasanya dianggap sebagai kenari laki-laki, sedangkan telur berbentuk bulat dianggap bentuk bulat kenari betina.

3. Perhatikan kondisi kandang atau sangkar
Pemuliaan kenari tidaklah sesimple yang kita pikirkan. Contoh sepele adalah posisi ternak kandang kenari. Karena jika kita salah dalam kandang menempatkan kenari, maka banyak predator hewan akan memangsa kenari kita. 

Penempatan kandang yang baik adalah kandang atau sangkar burung kenari yang menempel di dinding, kiri dan kanan sangkar ditutup. Kendari tikus hanya mengambil pakan kenari, jika kita lalai, tikus mungkin juga memangsa kenari kita.

Karakteristik khas dari kenari siap ternak.
Ketika disandingkan kenari betina dengan kenari laki-laki, laki-laki akan terlihat mengejar/menabrak kandang ternak kenari dengan suara keras, sedangkan sayap burung kenari betina akan menggelepar, itu adalah tanda bahwa kenari betina siap dan minta dikawinkan .

Kadang-kadang betina kenari dan laki-laki akan terlihat meloloh setiap makan. Jika kenari betina di kandang memberikan sarang dan isinya, maka kenari betina akan rajin membuat sarang. Jika sarang sudah disiapkan itu berarti bahwa kenari betina siap beranak .

Proses Ternak Burung Kenari
Caranya adalah dengan menyatukan kedua kenari (pria dan wanita) ke dalam kandang.
Jika Anda sudah memiliki sepasang kenari dengan usia siap beranak proses selanjutkan adalah proses pairing. Proses pairing kenari jantan dan betina ditempatkan dalam kandang yang berbeda, dan dua kandang ditempatkan berdekatan satu sama lain.

Proses pairing burung kenari
Proses pairing kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempat yang berbeda di kandang.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi peternak kenari pemula terburu-buru memasukkan laki-laki dan perempuan ke dalam wadah tunggal. Ini adalah penyebab utama kegagalan pasangan kenari. Karena pertarungan kenari antara kenari satu sama lain.

Dengan proses pairing (menempatkan sisi kandang kenari berdampingan), maka kita dapat menentukan kesiapan kenari yang akan dikawinkan. Jika keduanya tidak cocok ketika kita memasukan kenari di kandang, maka kenari keduanya akan bertarung.

Selain itu, jika kalah adalah kenari kenari jantan, maka kenari jantan akan mengalami trauma dan tidak berani mendekati betina.

Tips meningkatkan birahi Kenari
Kita kalikan makanan kenari dengan pakan kenari bergizi tinggi, misalnya telur puyuh, multivitamin dan lain-lain.

Jika kita memiliki kenari jantan lain, diperbolehkan di jemur dibawah sinar matahari bersama dengan jantan lain, tujuannya agar birahi kenari betina dapat ditingkatkan.


Proses selanjutnya adalah menyatukan dua kenari
Ciri-ciri kenari ternak siap (sudah jodoh), yaitu:

Pada saat malam atau pada waktu tidur betina kenari dan jantan tidur berdekatan. Setiap saat antara kenari wanita dan pria meloloh setiap makan. Jika diberikan sarang dan isinya di kandang betina, kenari betina akan membangun sarang atau merapihkan isi, jika isi sarang telah disusun biasanya betina siap ternak.

Untuk menyegarkan diri sarang agar terlihat indah, kenari betina biasanya seperti mencabut halus kenari jantan atau bulu burung kenari betina sendiri. Biasanya ketika di sarang sudah ada bulu-bulu halus menandai tidak lama lagi betina akan bertelor.

Tidak lama setelah indukan kenari betina akan bertelor, peternak kenari harus mempertimbangkan beberapa hal termasuk jika kenari betina baru pertama bertelor harus berhati-hati dalam penanganan. Upaya untuk mempercepat proses dan mengurangi risiko cedera ketika bertelor karena bulu-bulu halus dicabuti, kita bisa masuk ke kandang moderasi katun halus sebagai pengganti bulu halus di letakkan pada sarang kenari.

Proses inkubasi
Dalam proses inkubasi ini termasuk salah satu titik keberhasilan dalam penangkaran kenari. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 14 hari, semua itu tergantung pada kondisi cuaca dan suhu udara. Biasanya peternak menambahkan lampu 5 watt sebagai salah satu alat yang berperan kondisi penghangat di kandang. Ketika itu sekitar 14 hari kemudian telur akan menetas satu per satu, dan pada umumnya semua telur menetas satu hari kemudian.

Pada saat ini melakukan pemisahan pada kenari jantan , dan itu tergantung pada karakter kenari jantan. Jangan lupa untuk menyiapkan fooding tambahan sehingga bibit kenari tumbuh dengan baik

Memberikan kecambah (taoge) pada anak-anak kenari sangat baik karena banyak mengandung nilai-nila proten tinggi, pemberian tersebut dilanjutkan sampai anak bisa makan sendiri. Telur puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telur puyuh diberikan kepada anak kenari usia 2 bulan.

Kendala dalam meningkatkan kenari
Setelah memahami kicauan dan warna kenari , dari waktu ke waktu akan memikirkan ide untuk meningkatkan kenari. " Apa yang terjadi jika warna kenari yang dikawinkan dengan ini? " .

Setelah ternak kenari sukses, kita bisa menjual budidaya kenari, tapi inti dari sebuah peternakan kenari yang baik adalah sebagai penelitian dan proyek percontohan kawin silang kenari . Apakah itu kenari untuk hobi dan kontes .

Tidak ada aturan baku untuk pembibitan kenari, jangan berkecil hati jika Anda gagal ternak kenari. Tak terkecuali dalam budidaya burung kenari .


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments