Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:38:00 AM

Teknik Mengambil Napas Renang Gaya Dada

No comments:
Gerakan Pengambilan Nafas Renang Gaya Dada ~ Gerakan pengambilan nafas adalah suatu proses antara menghirup udara bersih (oksigen) dan dan mengeluarkan udara kotor (karbondioksida).

Menghirup udara pada renang gaya dada dilakukan pada akhhir tarikan darai gerakan lengan , yaitu pada saat tangan siap mendorong kedepan, kepala diangkat diangkat sampai batas mulut keluar permukaan air dan segera menghirup udara melalui mulut dan hidung.


Dan ketika mengeluarkan udara (nafas) dilakuka pada saat recovery lengan, yaitupada saat tangan mendorong kedepan lurus, mulut dan hiding masuk kkepermukaan air. Segera setelah saat itu udara keluar sedikit demi sedikit melalui hidung.

Koordinasi kaki-nafas
Koordinasi gerak antara kaki dengan nafas dikerjakan dengan dua pendapat, ada yang mengerjakan kepala sebagai kendali, dimana kepala diangkat kedua kaki mengikuti dengan menarik kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar mengerjakn injakan dan tendangan hingga berakhir.

Pendapat lain dan juga banyak dikerjakan yaitu, saat kdua kaki mengerjakan proses menginjak dan menendang hingga lurus kedepan, kepala diangkat keatas permukaan air untuk mengambil nafas uadar dan selanjutnya kepala masuk kepermukaan air justru ketika kedua kaki ditarik mendekati pinggul (saat melakukan fase istirahat).

Beberapa bentuk latihan
  1. Dikolam dangkal ; kedua tangan memegang tepi atau parit kolam rangkaian gerak dengan menggunakan prinsip gerak tersebut diatas.
  2. Dengan menggunakan papan latihan kedua tangan memegang papan latihan gunakan rangkaian gerak baik menurut pendapat pertama maupun mengikuti pendapat kedua.
  3. Untuk memperoleh koordinasi yang baik bisa diberikan tanpa menggunakan papan latihan kedua lengan berada lurus disamping tubuh. Prinsipnya yang sama saat menggunkan papan dapat dilakukan disini.
  4. Bisa juga tanpa menggunkan papan, kedua lengan tidak lurus disamping, tetapi dilipat dipunggung. Hal ini dikerjakan terutama untuk menghindarkan tangan melakukan gerak ekstra untuk membantu tubuh maju, sehingga latihan yang dikerjakan tidak efektif lagi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments