Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:29:00 PM

Surga Tersembunyi, Air Terjun & Lautan Bertemu di Pantai Banyutibo Pacitan

No comments:
Pantai Banyu Tibo adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang indah di kota Pacitan, terpancar keindahan alam dan pantai yang memancarkan pesona alam menakjubkan. Penduduk setempat menyebutnya " Banyu Tibo " atau dalam bahasa Indonesia berarti " air terjun " .

Karena ada air terjun di lokasi pantai ini, yang merupakan karakteristik dari pantai Banyu Tibo yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Pacitan. Air terjun ini juga merupakan dasar untuk penamaan 'Pantai Banyu Tibo'. Air Terjun Banyu Tibo terletak di tepi pantai di mana air mengalir langsung ke pantai Selatan.


Air terjun ini berasal dari sungai kecil yang jernih dan tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau. Di bawah, terdapat sungai kecil yang terlihat seperti sebuah kolam dengan warna air yang begitu jernih. Air terjun Banyu Tibo tidak begitu tinggi jadi Anda bisa mandi dan bermain bawah air terjun. Jika ingin melihat Pantai Banyu Tibo dari ketinggian, Anda bisa mendaki ke puncak bukit.

melihat Pantai Banyu Tibo dari ketinggian
Melihat Pantai Banyu Tibo dari ketinggian
Wisatawan yang hobi berat fotografi, pemandangan di sekitar bukit-bukit di lokasi Pantai Banyu Tibo juga sangat menarik, tinggi bukit hijau menyejukkan mata, aliran sungai yang jernih mengalir ke air terjun, dan hamparan hijau sawah yang sangat dekat dengan pantai. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai. Bagi yang hobi memancing bisa mencoba tempat memancing di sekitar daerah pantai ini.

Mandi dibawah air Terjun Banyu Tibo
Mandi dibawah air Terjun Banyu Tibo

Spot Bmancing di Pantai Banyu Tibo
Spot Bmancing di Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo belum dikelola sebagai pantai wisata, maka fasilitas pantai wisata seperti toilet dan warung masih belum terlengkapi, jadi jangan lupa untuk membawa bekal makanan .

Bagaimana untuk sampai ke pantai Banyu Tibo ?
Untuk mencapai Pantai Banyu Tibo tidak sulit, karena akses jalan menuju pantai ini cukup bagus. Jalan termudah untuk sampai Pantai Banyu Tibo adalah melalui ke Goa Gong. Dari jalan utama Pacitan - Solo, tepatnya di persimpangan dekat Masjid Agung Punung (jika dari Pacitan setelah Pasar Punung). Jika Anda bertemu dengan pertigaan, ambil jalan kanan arah desa Widoro, terus mengikuti jalan tersebut akan sampai ke Pantai Banyu Tibo.

Lokasi Pantai Banyu Tibo cukup tersembunyi, Anda masih harus berjalan menjelajahi deretan pohon kelapa dan bukit-bukit. Kendaraan roda empat cukup sulit untuk bisa sampai ketepi pantai karena beberapa meter dari pantai, jalan rabatnya hanya satu lajur dan lokasi ini juga terbatas parkir.

Akses Jalan Setapak Menuju Banyu Tibo
Akses Jalan Setapak Menuju Banyu Tibo
Letak Pantai Banyu Tibo yang tersembunyi, membuat Pantai Banyu Tibo tidak populer seperti Pantai Teleng Ria dan Klayar. Seperti pantai-pantai lainnya yang terletak di selatan Pulau Jawa, gelombang yang menderu di Pantai Banyu Tibo dikenal ganas. Tetap wisatawan harus berhati-hati.

Ayo berwisata ke Pacitan, dalam perjalanan Anda akan menikmati naik turunnya jalan, ditemani gemuruh angin dan percikan ombak yang menghantam bebatuan dan tanah yang dipijak.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments