Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:07:00 PM

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

No comments:
Teknik Dasar Renang gaya Dada ~ Dalam pelajaran renang , pemula belajar perenang gaya dada atau gaya bebas . Di antara tiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional ( FINA ) , perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. Berenang gaya dada merupakan gerakan berenang meniru tubuh katak.


Teknik Dasar Renang Gaya Dada

1. Posisi badan
Teknik renang gaya katak memiliki beberapa versi dalam posisi badan ;

1. Versi Amerika Utara
Saat kedua lengan harus didepan sebagaian besar kepala berada dibawah permukaan air, posisi bahu dan pinggul sedikit diatas permukaan air (siap tubuh hampir datar atau streamline). Saat mengambil nafas, dimana posisi istirahat untuk lurus didepan mengambil udara dari atas permukaan air cukup  dengan mengangkat bagian kepala dengan leher.

2. Versi Eropa
Saat kedua lengan lurus didepan, seluruh kepala, bahu, lengan atas berada disaatpermukaan air ditambbah sedikit bagian pinggul agak terangkat naik.

3. Seluruh anggota tubuh, maksudnya agar jangan sampai menggunakan tenaga yang tidak ada gunanya. Juga mempermudah membuat sikap badan terapung dipermukaan air, Sewaktu meluncur kedepan dengan badannya relatif dasar, kepalanya kira-kira 80 % dalam air, dengan mukanya agak terangkat dedikit kedepan.

Teknik Gerakan Tungkai Renang Gaya Dada

Gerakan kaki pada gaya dada adalah gerakan kaki yang cenderung membentuk gerakan kaki dolphin (whipkick), dimana pada saat fase istirahat yaitu fase ketika tungkai kaki bagaian bawah ditarik serentak mendekati pinggul dan kemudian setelah fase itu dikerjakan pergelangan kedua kaki berputar mengarah keluar hingga membentuk sudut + 50 derajad, kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerakkan...

Continue >>

Teknik Gerakan Lengan Gaya Dada

Teknik Gerakan Lengan Gaya Dada ~ Pada prinsipnya gerakan lengan gaya dada dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :

Continue >>

Gerakan Pengambilan Nafas Renang Gaya Dada

Gerakan Pengambilan Nafas Renang Gaya Dada ~ Gerakan pengambilan nafas adalah suatu proses antara menghirup udara bersih (oksigen) dan dan mengeluarkan udara kotor (karbondioksida).

Continue >>

Koordinasi Gerak Keseluruhan Renang Gaya Dada

Koordinasi Gerak Keseluruhan Renang Gaya Dada adalah koorninasi antara gerakan kaki, gerakan lengan dan gerakan pengambilan nafas.

Continue >>

Analisis Kesalahan Pada Renang Gaya Dada

Analisis Kesalahan Pada Renang Gaya Dada - Setelah menguasai berbagai teknik dalam gaya dada seperti gerakan tungkai, gerakan lengan, pengambilan nafas, serta gerak keseluruhan. Sebuah analisi diperlukan dalam renang gaya dada, untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi pada gaya dada.

Continue >>

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments