Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:17:00 PM

8 Hal Penting Situs Web di Google Webmaster Tools

No comments:
Membuat Situs Website menjadi SEO merupakan langkah penting dan perlu diperhatikan, karena agar cepat ter-index search engine menjadikan situs Web peringkat teratas. Optimasi search engine dapat dilakukan melalui Google Webmaster Tools.


Google Webmaster Tools memberikan dukungan sangat baik untuk menunjang perkembangan dan peningkatan Website atau Blog. Bagi Anda yang sudah mendaftrakan Website atau Blog ke Google Webmaster Tools , ada yang perlu Anda perhatikan di Google Webmaster Tools. Cakupan ini memiliki peranan baik untuk menjadikan Website atau Blog Anda menjadi lebih SEO pada Optimasi search engine. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di Google Webmaster Tools yaitu ......

1. Penyorot Data (Data Highlighter)

Penyorot Data
Penyorot Data

Penyorot data menampilkan data situs dalam penelusuran dengan menggunkan sistem sorot teks (Highlighting/ TextSelecting),  menggunakan fitur ini Anda dapat mengarahkan elemen-elemen penting dari situs Anda untuk dipelajari oleh GoogleBot.

Bagi Anda yang memiliki bisnis lokal, ini adalah penting. Sebelum fitur ini diperkenalkan, Developer biasanya menggunakan apa yang disebut dengan microdata tag pada HTML Anda, namun hal ini mungkin terlalu teknis. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan Data Highlighter. Dengan Data Highlighter, Anda mengarahkan GoogleBot untuk dapat melihat elemen yang tepat pada bisnis lokal Anda.

2. Penyempurnaan HTML (HTML Improvement)

Penyempurnaan HTML
Penyempurnaan HTML

Penyempurnaan HTML merupakan bagian dari pendapat Googlebot mengenai situs Website Anda. Fitur ini memperbaiki situs Web Anda apabila terjadi kesalahan seperti judul halaman yang sama atau lupa memberikan judul pada halaman. Perbaiki situs Anda di meta googlebot dan Anda akan dapat melihat ranking situs menjadi meningkat.

3. Tindakan Manual (Manual Action)

Tindakan Manual
Tindakan Manual

Tindakan Manual merupakan tempat pengiriman pesan tim Google, apabila Anda mendapati pesan tersebut haruslah meresponnya dengan cepat karena pesan tersebut biasanya pemberitahuan jika situs Anda terdeteksi tidak mematuhi aturan baku Google tentang praktik terbaik sebuah situs. Tim Google biasanya sering melihat Anda membuat tautan balik (backlink) dari situs lain ke dalam situs Anda secara tidak natural. Bisa jadi konsultan seo Anda melakukan spam ?

4. Google Indeks (Google Index)

Google Indeks
Google Indeks

Google Indeks merupakan halaman statistik indeks. Jika Anda ingin mengetahui seberapa banyak halaman situs Anda terindeks oleh Google, Anda bisa membuka halaman ini. Apabila statistik indeks mengalami penurunan secara drastis atau mendadak, mungkin ada yang perlu anda perhatikan dalam situs Anda.

5. Kata Kunci Konten (Content Keyword)

Kata Kunci Konten
Kata Kunci Konten

Kata Kunci Konten Adalah bagian penting lainnya pada sebuah Situs Web. Hal ini menandakan apa yang GoogleBot simpulkan tentang situs Anda.

6. Ambil sebagai Google (Fetch as Google)

Ambil sebagai Google
Ambil sebagai Google

Situs Anda memiliki content bagus namun tidak terindek oleh Google, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengirim googlebot membaca situs Anda. Selian digunakan untuk merayapi situs, fitur ini bertujuan agar artikel Anda tidak disalah gunakan oleh orang lain. yang perlu Anda ingat, bahwa Googlebot tidak setiap hari mengunjungi situs anda !

7. Peta Situs (Sitemap)

Peta Situs
Peta Situs

Peta Situs atau Sitemap digunakan untuk melakukan data feed (menyediakan data) bagi google bot agar data pada situs cepat dan mudah ter-indeks. Submit Banyak Sitemap Ke Google dapat dilakukan secara manual, namun jika Anda menggunakan plugin seperti WordPress SEO by Yoast, sitemap akan dibuat secara otomatis, Anda perlu mendaftarkannya pada bagian ini.

8. Masalah Keamanan (Security Issue)

Masalah Keamanan
Masalah Keamanan

Keamanan situs sangatlah perlu di jaga, agar situs tetap aman tidak terkena hack. Problem ini bisa berdampak pada peringkat situs Anda, bagian keamanan pada situs web bisa Anda pastikan di Security Issue pada Webmaster Tools bahwa situs Anda tidak ada problem.

Demikian 8 Hal Penting Situs Web di Google Webmaster Tools yang saya informasikan, semoga bermanfaat.

Happy Blogging
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments