Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 3:54:00 AM

Cara Mendapatkan Google Sitelink Pencarian Google

9 comments:
Google Sitelink adalah link otomatis yang dihasilkan oleh Algoritma Google. Sitelink muncul di bawah nama web hasil pencarian Google. Google sitelink dapat membantu pengunjung agar lebih mudah mengenal sebuah situs web dan sebagai jalan pintas masuk ke halaman penting situs tersebut. Perlu Anda keatahui, sitelinks dipilih secara acak oleh Algoritma Google.


Sebagai contoh jika Anda ingin melihat sitelink, Anda bisa melihatnya dengan memasukkan kata kunci 'Aakshare' untuk istilah mesin pencarian Google. Berikut adalah screenshot sitelink dari Aakshare :

Google Sitelinks Aakshare

Saat ini saya melihat 6 sitelinks, Google menampilkan 6 sitelinks untuk permintaan tingkat domain.

Manfaat Memiliki Google Sitelinks

Manfaat pertama, dengan memiliki sitelinks Anda bisa memiliki lebih banyak lalu lintas ke situs web, karena dengan adanya sitelink bisa menampilkan nama-nama merek web. Dengan demikian web Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur dengan cara mengkliknya Melalui Rate (CTR).

Manfaat kedua, dengan memiliki Sitelinks berarti otoritas yang lebih tinggi untuk website Anda di Google. Google akan menampilkan Sitelinks populer di niche web, sebagai kekuatan backlink, link navigasi terstruktur dll. Jadi memiliki siteinks menurut saya bermanfaat sekali karena bisa menjadi pemilik otoritas blog teratas di Google. Beberapa manfaat lain memiliki Google sitelinks adalah sebagai berikut :

Dengan adanya Google sitelinks bisa meningkatkan banyak lalu lintas Anda secara keseluruhan. Saat pengunjung melihat banyak link di situs Anda melalui hasil pencarian Google, setidaknya pengunjung akan mengklik salah satu link tersebut. Lebih banyak pengunjung mengeklik link tersebut berarti lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.

Hal ini memungkinkan pengunjung bisa menjelajahi lebih banyak isi pada website Anda. Dengan adanya sitelinks, tentunya memberikan pengunjung banyak pilihan untuk mengunjungi blog atau web Anda. Google Sitelinks sering menampilkan halaman populer dari situs Anda. Jadi Google Sitelinks merupakan praktik terbaik untuk meningkatkan merek situs Anda secara keseluruhan.

Cara Mendapatkan Google Site Link
Mungkin Anda sering bertanya, bagaimana caranya mendapatkan Google Sitelinks?

Google tidak memberitahu bagaimana sebuah situs web bisa mendapatkan sitelinks. Di sini saya akan mencoba memberikan gambaran bagaimana sebuah situs web mendapat sitelinks. Untuk mendapatkan sitelink, sebenarnya tidak ada jalan pintas atau tombol yang bisa di klik agar mendapatkan sitelinks. Tapi tetap ada beberapa faktor yang harus dilakukan untuk mendapatkan sitelinks dari Google. Berikut beberapa faktor yang perlu di lakukan :

1. Nama domain hanyalah istilah generik, peluang sebuah website untuk mendapatkan tautan situs untuk istilah nama domain cukup rendah. Untuk mendapatkan sitelink kita perlu melihat nama merek. Seperti pada halaman Blog saya, saya bisa mendapatkan sitelink untuk istilah nama "Aakshare". Silahkan Anda kombinasi nama istilah website Anda dengan melibatkan merek dan nama.

2. Jumlah halaman atau postingan, termasuk penting untuk mendapatkan tautan situs atau sitelink.

3. Usia domain memiliki peran penting untuk menampilkan sitelink. Usia Domain aakshare baru beberapa bulan, Jadi semakin lama usia domain, semakin kuat juga kandidatnya untuk mendapat link khusus dari Google.

4. Jikia ingin mendapatkan sitelink, postingan Anda harus berada di peringkat pertama dalam pencarian Google dan juga harus sangat stabil berada di puncak pencarian Google.

5. Peluang Anda untuk mendapatkan sitelink, jumlah lalu lintas web Anda harus tinggi dari mesin pencarian Google.

6. Melalui HTML juga bisa mendapatkan sitelink, Kita perlu membuat navigasi link HTML dengan baik dan terstruktur serta di percantik dengan sentuhan CSS untuk memberikan tampilan gaya untuk link navigasi yang menarik .

7. Kita perlu menambahkan judul yang benar pada meta tag dan link navigasi, tujuannya untuk mendapatkan banyak klik melalui mesin pencari Google. Meta data sangat di perlukan untuk web Anda karena dengan tidak adanya meta tag, maka akan menghasilkan RKPT lebih rendah dari mesin pencari Google dan kemungkinan situs web Anda akan lebih rendah mendapatkan sitelink.

Satu lagi yang penting, pastikan juga web Anda di daftarkan ke Webmaster Tools dan juga saya saarankan agar Anda mendaftakan web Anda ke Google Analytics dan juga akun Google Adwords tujuannya agar web Anda lebih banyak memiliki kesempatan untuk mendapatkan Google Sitelinks.

Jangan lupa untuk mengikuti langkah ini untuk mendapatkan Google Sitelinks

Tambahkan sitemap di webmaster Tools. Anda bisa menambahkannya dengan cara : nama website Anda / sitemap.xml (ex: www.namablog.com/sitemap.xml)

Apabila Anda belum menambahkan sitemap, berikut adalah cara untuk melakukannya, Jika Anda pengguna WordPress kunjungi http://www.xml-sitemaps.com/ dan membuatnya. Bagi Sobat pengguna Blogger Anda bisa Submit Banyak Sitemap Ke Google Webmaster Tools.

Setelah Anda mengikuti panduan di atas, di butuhkan beberapa waktu untuk mendapatkan Google Siteliks di situs Anda. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang cepat untuk mendapatkannya karena membutukan beberapa waktu.

Cara Menghapus atau Menurunkan Google Sitelink

Jika Anda berpikir untuk mengontrol Google sitelinks, inilah yang harus Anda lakukan.
Seperti apa yang dilansir di atas, kita tidak memiliki kontrol menghitung seberapa banyak tautan situs atau sitelink untuk website Anda. Tidak ada satu di tim Google yang memutuskan untuk memunculkan sitelinks dengan cara manual. Ada algoritma tertentu yang melakukan pekerjaan tersebut dengan cara otomatis.

Sitelinks atau sering juga di disebut link cepat, Google bertujuan untuk menunjukkan halaman penting dari domain Anda dalam pencarian Google. Namun, kadang-kadang Google menampilkan link dari domain Anda bahwa Anda tidak ingin memunculkannya dan juga Anda ingin menggantinya dengan link lain dari domain Anda.

Tidak ada cara untuk meminta Google menambahkan link tertentu dari domain Anda sebagai sitelink, tapi Anda dapat menghapus link tertentu dari bagian sitelinks Anda. Caranya:

Menghapus Sitelink Melalui Webmaster Tools

Masuk ke Google Webmaster Tools .
Klik nama situs/web Anda .
Selanjutnya pilih Tampilan Penelusuran, lalu pilih Tautsitus .
Kemudian  ", masukan url sitelink yang ingin Anda hapus dan jika Anda ingin menghapus tautan situs pada beranda , biarkan kosong .
Klik "klik Demosikan tombol warna merah.
Tunggu sampai proses menghapus sitelinks selesai

Google akan segera menghentikan link di bagian sitelinks pada domain Anda dan akan menambah alternatif sitelink lain. Jika Anda ingin mengubahnya Anda harus mengulangi proses di atas lagi.

Cara mendapatkan Google Sitelink

Jika Anda ingin memunculkan kotak sitelinks terbaru untuk situs Anda, maka Anda harus memiliki fungsi mesin pencari Google. Anda bisa menggunakan Schema.org markup website Anda untuk melakukannya.

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk mendapatkan sitelink untuk situs Anda.

Masuk ke editor Template pada halaman situs web Anda
Mengatur URL kanonik untuk halaman situs Anda yaitu dengan menggunakan rel = "canonical" link
Lalu Anda harus mencegah perayapan halaman situs Anda dengan robots.txt
Langkah terakhir Anda bisa mencari tutorial tentang mendapatkan Google Sitelinks.

Google Sitelinks merupakan cara yang paling ampuh untuk mendominasi hasil mesin pencari situs Anda, dan juga akan meningkatkan merek secara keseluruhan. Google sitelinks dapat membuat halaman konten yang besar untuk menampilkan mereka pada hasil pencarian Google.

Sayangnya, tidak ada panduan yang diberikan oleh Google tentang cara untuk mendapatkan Google Sitelinks, sehingga Anda perlu membuat sitemap.xml untuk situs Anda serta mulai memproduksi kualitas tinggi dan interlink postingan terbaik Anda (artikel yang berkualitas dan banyak dikunjungi) untuk memunculkan di dalam Google Sitelinks.

Singkatnya: Mendapatkan Google Sitelinks adalah bukan masalah besar. Pertama Anda harus membuat crawler mesin pencarian Google agar semua isi website Anda ter- indeks . Barulah Anda memunculkan halaman populer web Anda di Google sitelinks. Anda bisa menambahkan peta situs XML. Juga pastikan untuk menggunakan alat webmaster Tools untuk menghapus link yang tidak ingin di tampilkan dalam sitelinks Google Anda.

Perlu Anda ingat poin penting saat menghapus link dari Google sitelinks, Anda hanya dapat menghapus 100 URL, dan sitelink yang telah dihapus akan muncul setelah 90 hari.

Naah, sekian dari saya mengenai ulasan Cara Mendapatkan Google Site Link. Apakah Anda memiliki tips khusus dan cepat mendapatkan sitelink, silakan berbagi di bagian komentar di bawah ini.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

9 comments

Wah, saya belum paham dengan hal ini tapi menurut saya memang kesimpulan dari artikel ini adalah google sitelink itu di generate oleh pihak google sendiri ya Kang. :D

Balas

Betul gan yang menentukan itu dari pihak Google,
tetapi jika ada yang tidak disuka pemunculan sitelink kita bisa menghapusnya, dan mengganti yang baru melalui Webmaster Tools.

Balas

Sepertinya struktur navigasi juga sangat berpengaruh ya gan untuk munculnya sitelink, thank infonya gan :D

Balas

bagus tulisannya,,,
salam kenal ya ,,,,
:)

Balas

iya gan salam kenal juga ya.

Balas

Thanks gan sangat bermanfaat

Balas

Terimakasih,informasinya sangat bermanfaat sekali.

Balas

Terimaksih juga gan sudah berkunjung.

Balas