Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:18:00 AM

Cara Menjadwal Pengiriman Email Gmail Dengan Google Sheet

No comments:
Pernahkah Anda ingin menulis pesan email di Gmail sekarang tapi mengirimkannya di kemudian hari? Mungkin Anda ingin mengirim ucapan selamat kepada teman yang akan berulang tahun dan ingin email tersebut dikirimkan pada hari yang tepat. Atau Anda telah menulis email sekarang tapi ingin menjadwalkan pengiriman dan di kirim pada waktu tertentu kepada penerima.

Microsoft Outlook memiliki built-in scheduler untuk membantu Anda menunda pengiriman email. Setelah Anda selesai menulis email dan kemudian menekan tombol Send maka pesan tersebut tidak langsung terkirim tetap berada dalam kotak keluar dan akan dikirim secara otomatis pada waktu dan tanggal yang telah ditentukan.


Gmail tidak memiliki fitur penjadwalan pengiriman email tapi ada ekstensi browser seperti Boomerang, Sidekick dan rightinbox yang memungkinkan Anda menentukan mengirim email pada tanggal dan tanggal secara otomatis. Ini adalah layanan berlangganan berbasis yang memungkinkan Anda untuk mengirim email dengan jumlah tertentu sesuai yang telah dijadwalkan gratis per bulan. Perhatian lainnya adalah privasi - Anda harus memberikan akses kepihak ketiga ke seluruh akun Gmail Anda untuk mengaktifkan fitur penjadwalan dalam Gmail.

Jika Anda enggan untuk memberikan akses ke seluruh akun Gmail Anda ke layanan lain, ada alternatif yang baik dengan menggunakan Google Sheets.


Apa yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis semua email yang ingin Anda kirim di Gmail lalu menyimpannya di draf , kemudian Anda tentukan pengiriman sesuai tanggal dan waktu melalui Google Sheets . Maka email-email tersebut akan dikirim secara otomatis pada waktu yang dipilih oleh Anda dengan Google Script .

Gmail Scheduler tersedia dalam edisi gratis dan premium . Edisi premium memungkinkan Anda menjadwalkan lebih banyak dan mengirim email berulang kali dalam waktu harian, mingguan atau bulanan , memungkinkan Anda untuk mengirim email yang terkait dengan akun Gmail Anda dan Anda juga dapat memilih salah satu -satu dukungan .

Cara Menggunakan Gmail Scheduler

Penjadwalan pengiriman Email di Gmail dengan Google Sheet sangatlah mudah. Berikut adalah panduan untuk menggunakan Gmail scheduler.

Pertama login keakun Gmail Anda, lalu buatlah beberapa pesan email yang ingin Anda kirim kemudian jangan langsung Anda kirimkan (jangan menekan tombol Send) , biarkan rancangan email Anda tersimpan di folder Draf akun Gmail Anda.

Dalam email, Anda dapat menambahkan lampiran, tanda tangan dan bahkan gambar. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan alamat email penerima dalam TO (kepada) .
  1. Klik di sini untuk membuat salinan lembar Gmail Scheduler di Google Drive Anda.
  2. Buka File, lalu klik Pengaturan Spreadsheet

  3. Maka akan terbuka jendela baru lalu atur zona waktu Anda saat ini dari dropdown karena email akan dijadwalkan di wilayah tersebut, setelah selesai kemudian klik tombol simpan setelan.

  4. Selanjutnya Buka menu Gmail Scheduler, pilih Authorize dan memberikan izin yang diperlukan.

  5. Pilih menu Gmail Scheduler lagi dan pilih Fetch Messages untuk mengimpor semua email yang telah di simpan di draf di akun Gmail Anda ke Google Sheet.

  6. Kemudian atur tanggal dan waktu yang dijadwalkan di kolom D , klik dua kali untuk menampilkan dan menggunakan pemilih tanggal atau Anda dapat membuatnya secara manual dengan memasukkan tanggal dan waktu contoh : mm/dd/yyyy h:mm:ss dalam format 24 jam.
  1. Pada kolom E (status) buatlah status email contoh : dijadwalkan (Scheduler) .
  2. Anda dapat menutup Gmail spreadsheet dan emal akan terkirim pada waktu yang telah ditentukan secara otomatis.
Jika Anda ingin mengedit email yang tersimpan di draft atau perlu mengubah waktu pengiriman setelah email telah dijadwalkan, Anda dapat mengambil konsep email lagi di draf dan dijadwalakan ulang di antrian pengiriman.

Edisi gratis dari Gmail scheduler memungkinkan Anda menjadwalkan 10-20 email dalam pengiriman. Jika Anda ingin menjadwalkan email lebih banyak, atau jika Anda mencoba jadwal pengiriman email berulang dengan Gmail, silakan mendapatkan edisi premium.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments