Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:37:00 PM

Beli Domain di Namecheap atau GoDaddy, Mana Pilihan Anda?

2 comments:
Saya merupakan pelanggan dari kedua perusahaan penyedia domain yaitu GoDaddy dan Namecheap. Artikel ini saya buat atas dasar dari pengalaman saya dalam menjadi pelanggan domain di kedua perusahaan tersebuat.

Apabila Anda ingin mencari kode promo domain Anda bisa mendapatkannya di GoDaddy dan NameCheap. Mendapatkan domain .com di GoDaddy untuk tahun pertama Anda akan mendapatkan  $ 1,69 dan jika di Namecheap Anda akan mendapatkan gratis WHOIS Guard untuk satu tahun.


Menjadi pelanggan di perusahaan penyedia Domain sangat penting jika memiliki 6 kategori yaitu
  • Harga Domain
  • Pengalaman saat menjadi pengguna
  • Antarmuka
  • Keamanan
  • Upsells
  • Prinsip
Dari keenam kategori tersebuat menjadikan dasar untuk Anda karena nanntinya nama Domain Anda akan muncul di internet, untuk dapat merasakannya dan menilainya Anda perlu mencobanya satu tahun untuk menggunakan nama Domain .com di  Namecheap atau GoDaddy. Berikut saya berikan gambaran 6 kategori di Namecheap dan GoDaddy bisa untuk di jadikan referensi untuk Anda ;

1. Harga
Berikut gambaran harga domain .com di Namecheap dan GoDaddy :
  1. GoDaddy $ 14,99 / tahun untuk nama Domain .com.
  2. Namecheap $ 10,69 / tahun untuk nama Domain .com.
Dalam hal menghemat uang Anda dalam pembelian Domain, GoDaddy memberikan tawaran discon yang besar. Promo yang ditawarkan di GoDaddy $ 1,69 untuk nama domain .com, sementara di Namecheap untuk membuat nama domain .com $ 10,69 ( WHOIS Guard dan email pribadi).

Jika dilihat dari promo yang ditawarkan untuk menggunakan di website Anda lebih dari 2 tahun, sebaiknya Anda menggunakan nama Domain di Namecheap karena Namecheap sangat melindungi data privasi dan database Anda. Tetapi jika Anda ingin mengklaim nama domain dengan cepat dan ingin menghemat beberapa dolar maka GoDaddy solusinya.

Sebelum melakukan pembelian Domain, saya selalu mempertimbangkan dalam hal pembelian, penggunaan, dan navigasi situs. Disini saya akan memberikan gambaran dari Namecheap dan GoDaddy ;

Namecheap
  • Masih belum memiliki sistem otomatis perpanjangan domain
  • Proses checkout sangat mudah
  • Dukungan mesin saran yang baik
  • Memberikan pengetahuan saat menggunakan domain sangat baik
  • Memiliki fitur obrolan super cepat, tetapi belum memiliki dukungan telepon
  • Bare desain (Pengembangan situs)
GoDaddy
  • Proses saat checkout membingungkan
  • Saat membuka sistem domain terpisah
  • Mesin Saran terlalu banyak menawarkan upsell
  • Tampilan bersih dan rapih tapi menjadi berantakan karena banyak upsells
  • Pengetahuan sangat luas
  • Dukungan email, chat , dan telepon baik
Secara keseluruhan dalam hal pengalaman dalam menggunakan domian saya memberikan poin plus untuk Namecheap, mari kita nila keduanya dengan menggunakan 6 kategori ;

2. Antarmuka
Antarmuka domain dikenal sebagai Manager DNS adalah tempat untuk mengkonfigurasi nama domain Anda. Antarmuka yang buruk menjdai kendalam dalam hal ini karena bisa membuat Anda frustasi tetapi jika antar muka yang baik dalam memudahkan kita memanager DNS.

Berikut adalah gambar dari manajer domain di Namecheap dan GoDaddy

Manager DNS Namecheap

Manager DNS GoDaddy

Halaman manajer domain digunakan untuk mengkonfigurasi nama domain Anda (seperti pengalihan DNS ke hosting blog Anda, menyiapkan email , pengaturan subdomain, dll) dan juga tempat untuk melakukan perubahan apabila terjadi kesalahan tidak memerlukan banyak waktu untuk memperbaikinya.

Jika kita lihat dari screenshot di atas, jelas sudah pemenangnya adalah Namecheap. Namecheap memiliki pengaturan DNS sangat mudah dan tidak membingungkan. GoDaddy memiliki banyak pengaturan ini membuatnya kita sulit untuk checkout dai sistem. Antarmuka Namecheap adalah salah satu alasan utama saya beralih ke Namechape dari GoDaddy.

3. Keamanan
Bila Anda membeli domain tentunya Anda ingin mendapatkan fitur tambahan seperti keamanan privasi. DNS GoDaddy pernah terkena hacked dan Namecheap belum sama seakali, ini berarti Namecheap memang mementingkan keamanan privasi pelanggannya.

Forwarding Namecheap 100% gratis, sedangkan GoDaddy mendorong upsells
keamanan WHOIS. GoDaddy memberikan paket hosting terbatas selama satu tahun di tambah dengan ruang penyimpanan foto, dan Namecheap berbayar $ 3 / bulan untuk
Kustom DNS - Namecheap memberikan nama kustom server bebas, sementara GoDaddy tidak.
Jika kita menilai untuk menjadi pelanggan Domain di Namecheap atau GoDaddy , maka Namecheap akan tetap menjadi pilihan saya.

4. Upsells
Namecheap dan GoDaddy menawarkan upsells hosting dan paket penyimpanan . Cara menawarkannya di kedua perusahaan tersebut tentunya berbeda karena mereka memiliki strategi sendiri, Namecheap menawarkan Upsell dengan begitu rapi untuk satu situs Web serta juga menawarkan Upsell paket diskon dan di GoDaddy juga menawarkan Upsells yang sama.

Perbedaanya : GoDaddy menawarkan harga menarik tapi menurut saya terlalu agresif dan cukup menggangu. Namecheap juga menawarkan beberapa penawaran tapi menurut saya cukup baik (termasuk hosting) , biasanya juga menawarkan produk lain .

5. Prinsip
Namecheap bekerjasama dengan Electronic Frontier Foundation untuk memerangi undang-undang cybersecurity berbahaya. GoDaddy sebuah perusahaan memiliki reputasi yang kurang baik, dikenal mengeksploitasi seksualitas dalam pemasaran karena mencoba untuk "mengunci" pelanggan.

Kesimpulan.
Seperti yang saya katakan di awal, jika Anda ingin membeli domain yang cepat dan murah GoDaddy tempat yang cocok untuk Anda dan apabila Anda sedang membangun website dalam jangka panjang Namecheap lah pilihannya.Apabila Anda sebelumnya sudah memiliki domain di perusahaan penyedia Domain lain, Namecheap juga telah membuat super-mudah untuk mentransfer domain Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan domian .com hanya $ 1,69, Anda bisa membelinya di GoDaddy. Tetapi jika Anda tertarik ingin mendapatkan domain dengan WHOIS Garda dan secara gratis tentu Namecheap tempatny.

Nah, sekarang Anda ingin membeli Domain di mana???  di Namecheap atau GoDaddy, tentukan Pilihan Anda?

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung ingin membeli Domain untuk blog atau web kesayangan Anda.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

waduh baru baca di blog ini tentang setumpuk kekurangan di godaddy, soalnya sebelumnya yang saya searching adalah perbandingan registrar lokal dan luar... hadoohhh, terlanjur di godaddy, tapi semoga baik2 saja dan tidak kena masalah semacam hacked aamiin

Balas

Bluehost is ultimately the best web-hosting company for any hosting plans you might require.

Balas