Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:07:00 AM

Teknik Dasar Bantingan Koshi Guruma - Beladiri Judo

No comments:
Teknik Bantingan Koshi Guruma merupakan teknik bantingan berputar pada pinggul (Hip Wheel).

Dalam melakukan teknik bantingan Koshi Guruma, sambil menghilangkan keseimbangan badan uke ke serong kanan depan, Tori menempatkan pingguulnya rapat pada perut bagian bawah uke lalu melempar melalui pinggul tersebut. Teknik pelaksanaannya :

Teknik Dasar Bantingan Koshi Guruma - Beladiri Judo
  1. Sikap pegangan kanan yang biasa Tori melangkah mundur dengan kaki kirinya sambil menarik uke sehingga uke akan melangkah maju dengan kaki kanan.


  2. Tori menenmpatkan kaki kanannya di samping dalam kaki kanan uke lalu melepaskan pegangan tangan kanan dan dengan cepat tangan kanan tersebut menyelep melalui samping kiri leher uke dan merangkul/menjepit leher uke.
  3. Kaki kiri Tori diputar ke belakang sambil memutar badan kekiri dan kaki kiri diletakkan di samping dalam kaki kiri uke. Tori memasukkan pinggulnya sedalam mungkin ke perut bagian bawah.


  4. 5. Tori mengangkat pinggul tersebut sambil memutar badan ke kiri, tangan kanan menarik leher Uke dengan keras kedepan, tangan kiri menarik lengan kanan uke kebawah. Tori memalingkan mukanya ke kiri kemudian memutar uke ,malalui uke melalui pinggul.

Tarikan tangan kiri Tori harus keras dan kontinyu (tak terputus) demikian pula dengan jepitan/rangkulan tangan kanan harus cukup dalam dan terpusat pada bagian kanan perut dan bagian bawah uke. 

Gerakan memutar dari badan Tori serat tarikan kedua tangannya akan mengakibatkan uke terlempar jauh melalui pinggul tersebut.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Koshi Guruma, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments