Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 3:10:00 AM

Teknik Dasar Bantingan O-Uchi-Gari - Beladiri Judo

1 comment:
Ouchi-Gari adalah teknik bantingan dengan cara menyabit atau menjepit dari dalam dengan kaki (Large Inner Reap/Clip). Untuk memuluskan teknik ini Tori perlu menghilangkan keseimbangan Uke, setelah keseimbangan badan Uke ke serong kiri ke belakang hilang maka Tori melakukan gerakkan menyaabit atau menjepit dengan kaki kanan pada kaki kiri Uke sehingga Uke akan jatuh ke belakang. Teknik pelaksanaannya adalah :

Teknik Dasar Bantingan Ouchi-Gari - Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kanan yang biasa


2. Dengan satu gerakkan yang berkeseimbangan Tori maju setelah melangkah ke depan, terikalh (Hikite) Uke dengan tangan kanan  sehingga Uke akan melangkah maju dengan kaki kiri ke samping kanan Tori.


3, 4. Sebelum uke selesai melangkah dan meletakkan telapak kakinya pada tatami, maka dengan cepat Tori menyelipkan kaki kanannya ke belakang keki Uke (belakang lutut kaki Tori terhadap belakang lutut Uke) kemudian jepitlah/sabitlah dengan suatu gerakkan lingkaran besar ke serong kanan belakang Tori.


4, 5. Tanpa mengurangi kekuatan tangan kiri, doronglah (Oshite) Uke dengan tangan kanan ke arah bawah dan jepit kaki kanan Uke sehingga akan terjatuh ke arah belakang. Pada saat menyerang Tori harus memutar pinggulnya kek kiri sehingga kaki kanannya di dahului dengan tumit, ibu jari kaki mengarah ke dalam lalu menyabit dengan gerakkan setengah lingkaran besar ke belakang. Janganlah menjepit ke atas dengan kaki kanan tetapi rendahkan pinggul sehingga gerakkan jepitan menjadi lebih efektif dengan bantuan gerakkan pinggul.


40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan O-Uchi-Gari, terimaakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

Salam sukses saja untuk admin.sangat membantu kami ,terima kasih ya

Balas