Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:49:00 PM

Teknik Dasar Bantingan Okuri Ashi Harai - Beladiri Judo

No comments:
Okuri Ashi Harai adalah teknik bantingan dengan sapuan kaki ( Foot Sweep). Perlu Anda ingat untuk mengsukseskan teknik pada bantingan Judo di perlukannya untuk menghilangkan keseimbangan badan lawan.

Setelah tori menghilangkan keseimbangan badan Uke kesamping kanan, ia pun menyapu ke dua kaki Uke di mulai dengan kaki kanan Uke dengan kaki kiri Tori.

Agar teknik ini bisa berhasil maka Tori harus bergerak dengan ringan ddan tidak tergesa-gesa. Usahakan agar telapak kakinya sedekat mungkin dengan mata kaki kanan Uke dan melakukan sapuan pada saat Uke bergerak dan berat badannya berpindah ke kaki kirinya. Teknik pelaksanaannya sebagai berikut .....

 Teknik Dasar Bantingan Okuri Ashi Harai
  1. Sikap pegangan kanan yang biasa. Tori dengan kedua atangannya berusaha menghilangkan keseimbangan badan Uke ke samping kanannya sambil melangkah kesamping kiri dengan kaki kirinya.Uke akan bertahan dan untuk hal tersebut Uke akan bergerak ke kiri yang di mulai dengan gerakkan melangkah keki kanannya mendekati kaki kirinya.

  2. Saat sebelum kaki kanan Uke berhenti melangkah dan berat badan Uke bertumpu di atas kaki kanan tersebut, Tori melakukan sapuan dengan telapak kaki kirinya pada mata kaki kanan Uke dan searah dengan langkah kaki Uke.

  3. Bersamaan dengan gerakkan teknik sapuan kaki kiri, Tori melakukan gerakan mengangkat dengan tangan kananya dan menekan ke bawah dengan tangan kirinya.

  4. Uke akan terangkat dan terjatuh pada samping kirinya.

Faktor penting yang perlu Tori ingat saat melakukan teknik Bantingan Okuri Ashi Harai adalah :
  • Teknik sapuan harus dilakukkan dengan seluruh kaki Tori dan jangan hanya dengan gerakan tungkai bawah. Gerakan teknik sapuan harus searah dengan gerakan langkah Uke.
  • Waktu menyapu, pinggul harus bergerak ke depan, seolah-olah pinggul tersebut menekan ke depan.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Naah, demikian kami sampaikan mengenai  Teknik Dasar Bantingan Okuri Ashi Harai, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments