Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:32:00 PM

Teknik Dasar Bantingan Seoi-Nage - Beladiri Judo

No comments:
Seoi-Nage adalah teknik bantingan melalui pundak (Shoulder Throw). Untuk melakukannya hilangkan terlebih dahulu  keseimbangan badan Uke ke depan atau serong depan. Pukul Uke dengan punggung Tori kemudian lemparlah Uke melalui pundak. Teknik pelaksanaannya adalah ,,,,

Teknik Dasar Bantingan Seoi-Nage - Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kanan yang biasa.

2. Tori melangkah maju dengan kaki kiri sambil mendorong Uke dengan kedua tangan sehingga Uke akan melangkah mundur dengan kaki kanannya kemudian Tori melangkah maju lagi dengan kaki kanannya sambil mendorong sehingga Uke akan mundur lagi dengan kaki kirinya.


3. Pada saat mendorong, Uke Uke akan memeprtahankan keseimbangan dengan mundur kembali. Bersamaan dengan itu tariklah Uke dengan tangan kiri, lepas pegangan dengan tangan kanan dan selipkan di bawah ketiak tangan kanan Uke, putarlah kaki kiri dan seluruh badan Tori kekiri sehingga kedua kaki pararel dengan kedua kaki Uke, lutut ditekuk agar badan tori lebih rendah dari Uke, sehingga Tori mudah memikul Uke pada punggung.


4,5. Pada waktu akan melempar lutut di tegakkan dan ditariklah Uke sambil membungkukkan badan ke depan dan tarik Uke kebawah dengan kedua tangan.


6. Uke akan melayang melalui pundak Tori dan terlempar didepan tori.


Teknik  Seoi-Nage ada sua macam yaitu :
  1. Ippon Seoi Nage : teknik sebagaimana pada gambar, tangan kanan menyelip melalui bawah ketiak Uke lalu menjepit lengan atas kanan Uke pada daerah ketiak akan Uke.
  2. Morote Seo Nage : Teknik ini agak berbeda yaitu tangan kanan tetap memegang kerah (lapel) Judogi Uke, lalu siku lengan  kanan di selipkan  di bawah ketiak kanan Uke sehingga seluruh lengan Uke akan menutupi lengan kanan Tori.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Seoi-Nage, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments