Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:19:00 PM

Teknik Dasar Bantingan Soto-Makikomi - Beladiri Judo

No comments:
Soto-Makikomi adalah teknik bantingan membelit/membungkus dari luar (Outer Wraparound Throw).

Sambil menghilangkan kehilangan badan Uke keserong kanan depannya, Tori menarik Uke rapat ke badannya sambil berputar melingkar ke kiri sehingga badan Uke seperti membelit/membnungkus badan Tori, lalu Tori menjatuhkan badannya ke depan sehingga Uke terlempar melalui punggung Tori. Berikut teknik pelaksanaanya ...


Teknik Dasar Bantingan Soto-Makikomi - Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kan yang biasa, tangan kiri memegang baju pada bagian ujungnya dan tangan kanan mengontrol dengan tangan kiri Uke agar ia tidak memgang kearah baju (lapel) Tori. Tori melangkah mundur beberapa langkah yang di mulai dengan kaki kirinya (Tsugi-Ashi).  Sambil menarik Uke agar keseimbangan badannya terganggu.

2. untuk menjaga keseimbangan badannya Uke akan melangkah maju dengan kaki kanannya lalu ikuti kaki kirinya. Pada saat berat badan Uke bertumpu pada kaki kananya, Tori berputar kebelakang lalu kaki kanannya ditempatkan di bagian luar kaki kanan Uke. Tori melepaskan pegangan tangan kanannya dan tangan kirinya menarik Uke rapat ke samping kanan badan Tori.

3, 4, 5. Teruskan putaran badan Tori kekiri dan badan Uke membelit/membungkus badan Tori lalu Tori menjatuhkan badannya ke depan dan ke bawah, sehingga Uke terlempar jatuh berputar melalui badan Tori. tangan kanan dapat hanya di ayunkan berputar ke kiri (2,3,4) atau memegang lengan kanan baju Uke.

Gambar: melakukan bantingan

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Soto-Makikomi, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments