Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:45:00 PM

Teknik Dasar Bantingan Tsuri-Goshi - Beladiri Judo

No comments:
Tsuri-Goshi adalah teknik bantigan Judo sambil mengangkat pinggul (Lifting Hip Throw).

Hilangkan keseimbangan badan Uke kedepan , kemudian Tori mencengkeram sabuk Uke dari belakang dengan tangan kanan, lalu mengangkat Uke ke atas pinggul Tori dan melempar Uke dengan gerakan memutar. Berikut teknik pelaksanaannya ...


Teknik Dasar Bantingan Tsuri-Goshi - Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kanan yang biaasa. Kadang-kadang bila Tori hendak menarik Uke untuk menghilangkan keseimbangaan badannya, biasanya Uke akan bertahan dan untuk mempertahankan keseimbanngannya Uke akan melangkah maju dengan kaki kirinya.

2. Bila hal itu terjadi, Tori dengan cepat melepaskan pegangan tangan kanannya dan tangan itu dengan cepat menyelip melalui bawah ketiak kiri Uke dan dengan Ibu jari didalam mencengkeram sabuk Uke dari belakang dan menariknya.

3. kaki kanan Tori di majukan kesamping kanan dalam kai Uke dan memutar kaki kirinya kebelakang (Mae Mawari Sabaki). Tori menarik Uke sehingga punggung dan pinggul Tori rapat dengan perut dan dada Uke.

4, 5. Tori menarik dengan tangan kiri dan menarik serta mengangkat dengan tangan kanan, Uke dilenmpar melambung kedepan melalui pingul Tori.

Semua gerakan teknik membanting di atas (1 s/d 5) adalah teknik bantingan Kotsuri-Goshi. Teknik Kotsuri-Goshi di bagi atas :
  • Kotsuri-Goshi : Teknik bantingan pinggul yang kecil (Small Hipp Throw). Didini tangan kanan menyelip melalui bawah ketiak dan memegang sabuk Uke dari Belakang.
  • Otsuri-Goshi : Teknik bantingan pinggul yang besar, (Large Hip Throw). Disini tangan kanaan Tori melalui tangan kiri Uke memegang sabuk Uke.
Usahakan agar Uke tidak menghindar/mengelak dengan membungkuk menjauhi dan merendahkan badan bagian atas.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Tsuri-Goshi, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments