Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:21:00 AM

Teknik Dasar Bantingan Uchi-Mata - Beladiri Judo

No comments:
Uchi-Mata adalah teknik bantingan sambil menyabit/menyapu tangkai bagian dalam (Inner-Thigh Reapping Throw).

Pertama Tori perlu menghilangkan keseimbangan badan uke kedepan/ke serong kanan depan dihilangkan, Tori menyapu/menyabit tungkai kaki bagian dalam uke dengan bagian belang tungkai Tori. Bantingan sebaiknya dilakukan pada saat berat badan uke berpindah ke kaki kirinya. Berikut teknik pelaksanaannya .....


Teknik Dasar Bantingan Uchi-Mata - Beladiri Judo
Sikap pegangan tangan kanan yang biasa dan :
a. Uke maju selangkah dengan kaki kanan
b. Uke mundur selangkah dengan kaki kanan
c. Uke berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar.

1. Sikap pegangan kanan biasa dan Uke bersikap bertahan dengan kedua kaki terbuka lebar dan badan agak condong ke depan.

2. Tori menarik dengan kedua tangannya agar keseimbangan badan Uke kekanan depan di hilangkan. Pada saat itu dengan gerakkan melingkar ke belakang keki kiri Tori di pindahkan masuk jauh di antara kedua kaki kiri Uke.

Usahakahan agar tungkai kanan atas Tori berada rapat dengan tungkai atas kanan Uke. Lutut kiri Tori agak ditekuk dan pada saat kaki kanan Tori di ayunkan kebelakang menyapu tungkai atas kiri Uke, lutut kaki kiri diluruskan sehingga Uke akan terangkat dan smabil memutar badan bagian atas ke kiri Tori melemapar Uke.

3,4. Uke akan berputar melalui kaki dan pinggul Tori dan terjatuh di depan Tori. Harus di ingat bahwa semua gerakkan tersebut harus kontinyu dan tidak terputus.

  • Harus di ingat pula bahwa bila Tori tidak menempatkan kaki kiri cukup dalam di antara kedua Uke maka ayunan kaki Tori akan mencederai biji kamaluan (Buah Zakar) Uke.
  • Tarikan kedua tangan Tori akan mengakibatkan kaki kanannya masuk cukup dalam di antara kedua kaki Uke.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) - Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya
Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Uchi-Mata, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments