Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:09:00 PM

4 Kesalahan Pada Renang Gaya Dada

No comments:
4 Kesalahan Pada Renang Gaya Dada - Setelah Anda menguasai berbagai teknik dalam gaya dada diantaranya seperti gerakan tungkai, gerakan lengan, pengambilan nafas, serta gerak keseluruhan. Dalam renang gaya dada, sebuah analisi diperlukan,bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi pada gaya dada.

Setelah kesalahan tersebut kita katahui, langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki setiap kesalahan pada renang gaya dada. Dengan membuat minim atau menghilangkah setaip kesalahan membuat laju renang gaya dada Anda semkin cepat. Berikut bentuk kesalahan yang sering terjadi pada gaya dada adalah :

1. Posisi lutut turun, akibatnya pinggul naik
Penanggulangannya adalah berlatih dengan menggunakan papan latihan. Dengan prinsip gerakan dikerjakan yaitu saat melakukan fase istirahat pada kaki yaitu saat dimana kedua tungkai kaki bawah dilipat hingga mendekati pinggul, betul-betul dikerjakan dengan konsep tidak membentuk sudut sebagai akibat yang diturunkan kebawah, melainkan sebagai akibat lipatan tungkai kaki dibawah dilipat keatas hingga mendekati pinggul.

2. Mengambil nafas terlalu dini
Bila terjadi semacam ini dilakukan bentuk perbaikan dengan mengulang kembali rangkainan gerak pada saat koordinasi nafas dengan tangan.

3. Kaki tidak mamu secera maksimal melakukan lipatan dan membuka ke samping
Penanggulangan dengan melatih kaki dengan menggunkan papan atau mengambil sikap terlentang untuk mengerjakan grerakan kaki gaya dada, dimana saat melipat, lakukan gerakan kaki menarik kearah pinggul dan bukan gerakkan melipat itu dilakukan sebagai akibat turunnya lutut.

4. Melakukan tarikan terlalu dalam
Melakukan tarikan tangan teralalu dalam pada gaya dada, bisa berakibat terhentinya gerakan di saat akhir tarikan. Selain itu bentuk tarikan ini tidak saja menjadii tahanan bagi daya luncur renangan, tetapi yang jelas hal semacam ini akan mengurangi akselerasi dari renang yang bersangkutan.

Penaggulangan
Latihan dengan menggepit papan latihan atau pull buouy, disaat mengerjakan fase tarikan. Batasi agar tarikan itu hanya sanpai perpanjangan garis bawah dan tidak lebih. Bisa diberikan bntuk tarikan dengan bentuk tarikan atau pola tarikan dengan pola hati.

Demikian kami informasikan beberapa kesalahan yang sering terjadi pada renang gaya dada, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments