Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 3:56:00 PM

Teknik Dasar Melakukan Handspring Dengan Benar

No comments:
Pada ulaasan kali ini saya akan berbagi kepada sahabat semua teknik dalam melakukan Hand Spring. Hand Spring masuk kedalam senam ketangkasan. Hand Spring dapat di bedakan dua macam , yaitu :

a. Tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki
b. Tolakkan 2 kaki, mendarat atas 2 kaki

Bentuk yang lazim dilakukan adalah yang tertera pada tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki, sedangkan yang lain dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dalam ikatannya dengan gerakkan lain dalam satu rangkaian senam lantai atau untuk mendapatkan penilaian yang lebih besar disebabkan faktor kesukarannya.


Bila diuraikan maka secara garis besar dari gerakkan hand spring secara keseluruhan didapat :
a. Bertumpu pada kedua tanagn menahan bobot badan
b. Badan melenting, sesaat melayang di udara
c. mendarat atas kedua kaki dalam keseimbangan yang baik

Latihan pendahuluan terutama kekuatan tangan, lengan dan bahu disamping latihan kelepasan persendia dan kelemasan otot punggung merupakan lamgkah yang harus dijalankan dan mendapat perhatian sepenuhnya.

Sikap hand stand, kayang, gerakkan lompat harimau, walk over, meroda pada satu pihak merupakan bentuk latihan untuk menguasai bentuk latihan tersebut diatas dan dinilai pihak sekaligus untuk pembinaan pengalaman gerak, kekuatan, keterampilan dan penguasaan diri pada tubuh, latihan dan sikap diatas merupakan hal yanga kan memudahkan anak dapat melakukan hand spring.

Langkah-langkah pembinaan agar anak dapat melakukan hand spring dan demikian bekerja secara ekonomis, perlu menciptakan cara bantuan yang memudahkan pelaksanaan dan juga menghilangkan kekhawatirannya .
Contoh :
  1. Dengan mengikat si anak pada pinggang, pengikat berujung dua kaki yang masing-masing dipegang seorang pembantu. Pembantu mengikuti arah hand spring dan agak mengangkatnya pada saat pelaku melayang diatas.
  2. Dengan rintangan seorang anak dalam sikap merangkak
  3. Melakukan pada landasan/dasar yang berbeda tingginya (matras disusun berlapis). Menopang, mengangkat selalu ditujukan terutama pada titik berat badan atau bagian badan yang akan menghambat gerakkan.
Melakukan latihan/gerakkan dengan irama lamabat (slow motion) perlu dilakukan pada anak yang menunjukakkan kelainnan gerakkan dari yang disaratkan.

Dalam hal ini menghilangkan kekhawatiran yang mungkin masih terdapat pada anak-anak. sedangkan mereka telah dapat melakukannya (60-70%), maka dengan suasana permainan keterampilan, penguasaan anak-anak dalam hand spring dapat ditingkatkan. Namun guru tetap tinggi dalam membantu.

Gambar Gerakkan Hand Spring

Hand Spring Tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki


Hand Spring Tolakkan 2 kaki, mendarat atas 2 kaki


Demikian saya sampaikan cara melakukan Hand Spring, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments