Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 5:30:00 AM

Teknik Dasar Meluncur Renang

No comments:
Pada kesempan kali ini kami akan berbagi teknik dasar meluncur olahraga air yaitu berenang. Teknik meluncur ini adalah lanjutan dari teknik pernafasan. Setelah menguasai cara bernafas dan mengapung, dapat lanjutkan dengan latihan meluncur. Latihan ini diperlukan teristimewa untuk melatih keseimbangan tubuh di air.

Tidak sedikit yang belajar renang tidak mampu menguasai keseimbangan tubuh saat tenggelam dan bahkan tidak mampu berdiri di kolam renang, meskipun kolam itu dangkal. Oleh karena itu, diperlukan latihan dengan tekun dan rutin.


Latihan meluncur bisa dilakukan sebagai berikut :
  1. Berdiri ditepi kolam dengan membelakangi dinding kolam dan salah satu kaki/telapaknya berada menempel pada dinding untuk siap menolak.

    Luruskan kedua lengan keatas kepala dengan ibu jari saling berkaitan satu sama lain.

    Tundukkan tubuh dengan berusaha ujung jari tangan lebih dahulu tiba diatas permukaan air.

    Serentaknya dengan tibanya kedua tangan diatas permukaan air, kaki yang menempel pada dinding mendorong hingga tubuh terdorong kedepan.

    Disaat luncuran berjalan, hindarkan mengambil sikap berdiri sebelum titik luncurnya menurun dan kemudian berhenti, dan sebagai akibatnya kaki secara titik luncurnya menurun dan kemudian berhenti, hindarkan mengambil sikap berdiri sebelum titik luncuran menurun dan kemudian berhenti, dan sebagai akibatnya kaki secara otomatis turun hingga dapat berdiri.

    Apabila saat meluncur dengan kecepatan tinggi turun dengan tiba-tiba untuk berdiri, banyak terjadi justru yang melakukan tidak mampu berhenti.

  2. Cara yang sama dapat dilakukan dengan meluncur dari tengah-tengah kolam dangkal. Setelah meluncur habis, kemudian berdiri dan lakukan berulang-ulang hingga membawa tubuh menepi.
Latihan meluncur ini dapat dikembangakn hingga kedua belah kaki mampu menempel ke dinding kolam dan sikap ini hanya dapat dilakuakn kalau yang belajar sebelum meluncur terlebih dahulu masuk kebawah permukaan air dalam sikap telengkupp hingga kedua kaki memungkinkan untuk menolak.

Latihan-latihan bisa dikerjakan secera berulang-ulang hingga tubuh mampu rileks dan terhindar dari rasa tegang yang sering berakibat tubuh memutar.

Teknik Meluncur

1. Persiapan
Berdiri rapat ditepi kolam dengan sikap membelakangi dinding kolam. Salah satu lutut ditekuk dan telapak kakinya menempel dinding kolam. Kedua tangan diluruskan sehingga kedua lengann atas menempel telinga dan kedua ibu jari saling mengikat.

2. Pelaksanaan
Bungkukkan badan sehingga kedua tangan dan badan masuk di permukaan air. Bersamaan dengan itu, dorongkan kaki yang menempel di dinding kolam kedepan guna bertolak untuk meluncur. Biarkan luncuran badan samapai berhenti.

3. Gerakkan akhir
Setelah badan berhenti, segera turunkan kedua kaki sehingga posisi badan berdiri didalam kolam.

Gambar : Teknik Meluncur

Demikian kami sampaikan cara teknik dasar meluncur olahraga renang, sekian dari kami semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments