Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:16:00 AM

10 Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Bagus

No comments:
Memilih Nama Domain Yang Baik dan Bagus merupakan salah satu langkah penting dalam memulai website atau Blog baru kamu.

Pada dasarnya nama dan tempat domain tersebutlah yang nantinya akan mempunyai menjadi identitas situs kamu di internet dan mampu mendatangkan ketertarikan si pembaca untuk membuka halaman situs kamu.


Bila kamu sudah mantab ingin membuat Blog dan langsung dengan TLD (tingkat level domain), ada beberapa point penting yang perlu kamu perhatikan:

1. Nama Domain yang Unik

Berbicara masalah keunikan pastinya akan mengundang banyak perhatian, cara tersebut bisa kita terapkan untuk nama domain situs kita agar bisa menjadi daya tarik pengunjung. Maka buatlah nama domain yang jauh berbeda dari nama domain lainnya, agar situs kita memiliki ciri khas.

2. Nama Domain Mudah Diingat

Dengan membuat nama domain yang unik tentunya akan mudah sekali di ingat, tetapi perlu ada perhatikan janganlah membuat nama yang susah untuk diketik. Jadi buatlah nama se-simple mungkin. Beberapa tip dalam memilih nama domain mudah diketik :

  • Tidak menggunakan angka pada domain Contoh : aak-share123.com
  • Tidak menggunakan tanda hubung berlebih contoh : aak-share-123.com
  • Tidak menggunakan kata yang sulit dieja contoh : aak-search.com
  • Tidak menggunakan kata berlebihan atau terlalu panjang

3. Gunakan Brandable Domain

Saat memilih nama domain, perlu kita hindari dalam menggunakan EMD (Exact-Match Domain) atau disebut dengan kata kunci yang ditargetkan tujuannya agar postingan kita berada di halaman pertama mesin pencarian. Contoh nama domain menargetkan sebuah kata kunci : cara-membuat-email.com 

Sebenarnya untuk berada di halaman utama search engine bukanlah dilihat dari kata kunci nama domain tetapi pemilihan keyword yang baik untuk judul postingan. Maka sebaiknya gunakanlah Brandable, Brandable adalah nama domain yang lebih mementingkan branding dari pada kata kunci. Contohnya seperti: facebook.com, instagram.com, twitter.com dan google.com.

4. Tidak Menggunakan Nama Domain Berdasarkan Trend

Trend biasanya hanya muncul dalam beberapa waktu tertentu saja, jika sudah redup nama tersebut hilang dari peredaran internet. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kita menggunakan topik niche yang sedang trend tetapi jika tujuan kita ingin menguangkan Blog sebaiknya gunakan niche Goggle Adsense yang membayar mahal seperti asuransi, kesehata, otomotif dan lain sebagainya.

5. Tidak Menggunakan Domain Gratis

Siapa yang tidak senag dengan namanya gratis, tetapi perlu kita ambil point penting jika kita ingin menggunakan domain gratis diantaranya; situs hilang secara tiba-tiba, kehilangan akses tanpa pemberitahuan, tahun kedua kita harus membayar, sering digunakan sebagai blog spam, rawan banned dan nama domain kurang enak dipandang (.TK, .GA, .ML. Dan lain-lain)

6. Tidak Menggunakan Trademark Domain

Trademark Domain adalah nama brand situs orang lain. Dengan menggunakan nama Trademark Domain perusahaan orang lain ini dapat menyebabkan kerugian karena kita bisa mendapat sanksi dengan membayar denda paling tidak ratusan juta hingga miliyaran karena sudah menggunakan nama domian perusahan tanpa memintaa izin kepada pihak trademark.

7. Nama Domain Tidak Berbau Sara atau Konten Dewasa

Cermatilah damlam memilih nama domian, pastikan nama domain tersebut tidak mengandung unsur konten dewasa. Nama Web atau Blog yang mengandung unsur konten dewasan tidak bisa mendaftar dan dipasangkan iklan Adsense, sangat disayangkan bukan. Padahal Adsense memberikan penghasilan sangat menjanjikan.

8. Tempat Domain Terpercaya

Memilih tempat domian terpercaya sangatlah penting karena kita mendapatkan kemudahan, kemanan yang terjamin dan proses yang cepat. aak-share.com merekomendasikan tempat domain terpercaya namecheap dan Godaddy.

Baca juga :


9. Ekstensi Domain .COM .NET atau .ccTLD

Pemilihan ekstensi domain yang tepat menjadi faktor pendorong perkembangan situs, disarankan sebiknya gunakan ekstensi populer seperti .COM dan untuk alternatif kamu gunakan ekstensi .NET. Kedua ekstensi tersebut populer banyak digunakan. Jika kamu ingin mengkhusunkan domain pada negara tertentu, kamu bisa menggunakan ekstensi .ccTLD (Country Code Top Level Domain).

Contoh :

  • .ID = Indonesia
  • .DE = Jerman
  • .IN = India
  • .JP = Japan

10. Tidak Menggunakan Domain Bekas

Domain Bekas adalah nama domain milik orang lain yang sudah kadaluarsa (expired) dan bisa di daftarkan kembali. Memang nama domian tersebut sudah familiar di internet tetapi kita tidak tahu unsur-unsur yang ada didalam domian tersebut apakah website spam, mengandung konten dewasa, dibanned, melanggar hukum dan bersifat negatiflainnya.

Nama domain yang unik dan mudah di ingat menjadi daya tarik tersendiri untuk situs kamu karena bisa menjadi ciri khas dan pembeda dari nama domain yang ada di internet.

Itu saja yang bisa saya sampaikan dalam memilih nama domain yang baik, sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments